PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA MATERI BUNYI PADA ALAT MUSIK TRADISIONAL JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.706Keywords:
Alat Musik Tradisional Jambi, Buku Pengayaan, Etnosains, IndigeneusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan fisika materi bunyi pada alat musik tradisional Jambi dan mengetahui persepsi siswa terhadap buku pengayaan. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementattion, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media serta 55 siswa MAN 2 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes diagnostic, serta angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan fisika materi bunyi pada alat musik tradisioanl Jambi yang dicetak dalam ukuran A5. Buku pengayaan ini menjelaskan pengetahuan asli masyarakat tentang alat musik Gong Buleuh dan Suling Bambu yang kemudian direkontruksi menjadi pengetahuan ilmiah. Hasil validasi buku pengayaan pada aspek materi diperoleh hasil 93,33 dengan kategori sangat baik dan pada aspek media diperoleh hasil 93,33 dengan kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan buku pengayaan mendapatkan hasil 77,79 dengan kategori baik. Buku pengayaan fisika materi bunyi pada alat musik tradisioanl Jambi layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika.
Downloads
References
Andriani, E. Y., Subyantoro., & Mardikantoro, H. B. 2018. Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Menulis Permulaan yang Bermuatan Nilai Karakter Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1) : 27-33.
Helmi, T., Munjin, R. A., & Purnamasari, I. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh DLLAJ Kabupaten Bogor. Jurnal GOVERNANSI. 2 (1) : 47-59
Jufrida., Basuki, F. R., & Rahma, S. 2018. Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains di SMP. Edu Fisika Jurnal Pendidikan Fisika. 3 (1) : 1-16.
Laudes, A. V., Desnita., & Permana, A. H. 2016. Rancangan Buku Pengayaan Pengetahuan “Konsep Fisika Petir”. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF. 5 : 75-78.
Liany, D. N., Desnita., & Raihanati. 2018. Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan “Penerapan Konsep Fisika Pada Pesawat Terbang Komersial” Untuk Siswa SMA. Jurnal Wahana Fisika. 3 (1) : 14-18.
Maharrani, A. 2014. Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Live with Protist sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi untuk Siswa SMA/ MA. SKRIPSI. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Marlita, N, M. 2017. Pengembangan Buku Pengayaan Konteks Sel Surya Berbasis Senitasi Pewarna dan Potensinya Untuk Membangun Literasi Sains Siswa SMA. Repositiry.upi.edu. 8-37.
Meilinawati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. SKRIPSI. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ningrum, E., Nandi., & Sungkawa, D. 2017. The Impact of Local Wisdom-Based Learning Model on Students Understanding on The Land Ethic. IOP Conf. Series: Earth and Enviromental Science. 145 : 1-5.
Pertiwi, D. O., Hartono, B., & Syaifudin, A. 2016. Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Teks Eksposisi Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (2) : 62-69.
Riduwan., & Sunarto. 2010. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok : Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.