ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.702Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, video pembelajaran kontekstual, analisisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan video pembelajaran IPA kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Indikator kemampuan berpikir kritis siswa mencakup interprestasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitiannya adalah Pra-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan One Group Pretest-Post test Design. pembelajaran dengan video pembelajaran IPA kontekstual diberikan kepada satu kelas sebanyak 32 siswa di salah satu SMP di Jember. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, lembar observasi, pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis. Hasil tes menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata N-gain 0,7 dengan interpretasi kategori tinggi dan analisis adalah nilai n-gain paling kecil dengan kategori sedang. penggunaan video pembelajaran IPA kontekstual dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Hasanuddin. (2017). Biospikologi pembelajaran - teori dan aplikasi. Syiah Kuala University Press.
Ibrahim, M. (2008). Kecakapan Hidup: Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2, hlm.17-19.
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(2): 110–116.
Puskur, Balitbang. (2007). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.
Ratminingsih, N.M., (2010). Penelitian Eksperimental dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 6(11).
Utomo, A. P., Narulita, E., Nur, R., & Billah, I. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio- scientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran). 4(2): 148–159.
Utomo, A. P., Narulita, E., & Shimizu, K. (2018). Diversification of reasoning science test items of TIMSS grade 8 based on higher order thinking skills: A case study of Indonesian. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 152-161.
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. 6(1): 196
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. Journal of Physics: Conference Series. 1364(1).
Zaini, M. (2016). Guided Inquiry Based Learning on the Concept of Ecosystem Toward Learning Outcomes and Critical Thinking Skills of High School Students. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). 6(6): 50–55.
Zulkarnain, Z. Y. A. S. H. (2019). Improving Students ’ Critical Thinking Learning in Chemistry Learning Using. J. Pijar MIPA. 14(2): 96–100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.