ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Authors

  • Royyatina Jannatil Fiirdaus Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Anjar Putro Utomo Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.702

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, video pembelajaran kontekstual, analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan video pembelajaran IPA kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Indikator kemampuan berpikir kritis siswa mencakup interprestasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitiannya adalah Pra-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan One Group Pretest-Post test Design. pembelajaran dengan video pembelajaran IPA kontekstual diberikan kepada satu kelas sebanyak 32 siswa di salah satu SMP di Jember. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, lembar observasi, pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis. Hasil tes menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata N-gain 0,7 dengan interpretasi kategori tinggi dan analisis adalah nilai n-gain paling kecil dengan kategori sedang. penggunaan video pembelajaran IPA kontekstual dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatahullah, M. M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar. 7(1). 237– 252.
Hasanuddin. (2017). Biospikologi pembelajaran - teori dan aplikasi. Syiah Kuala University Press.
Ibrahim, M. (2008). Kecakapan Hidup: Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2, hlm.17-19.
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(2): 110–116.
Puskur, Balitbang. (2007). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.
Ratminingsih, N.M., (2010). Penelitian Eksperimental dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 6(11).
Utomo, A. P., Narulita, E., Nur, R., & Billah, I. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio- scientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran). 4(2): 148–159.
Utomo, A. P., Narulita, E., & Shimizu, K. (2018). Diversification of reasoning science test items of TIMSS grade 8 based on higher order thinking skills: A case study of Indonesian. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 152-161.
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. 6(1): 196
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. Journal of Physics: Conference Series. 1364(1).
Zaini, M. (2016). Guided Inquiry Based Learning on the Concept of Ecosystem Toward Learning Outcomes and Critical Thinking Skills of High School Students. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). 6(6): 50–55.
Zulkarnain, Z. Y. A. S. H. (2019). Improving Students ’ Critical Thinking Learning in Chemistry Learning Using. J. Pijar MIPA. 14(2): 96–100.

Published

2021-08-01

How to Cite

Fiirdaus, R. J., Wahyuni, S., & Utomo, A. P. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 50–56. https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.702