PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI SUHU DAN KALOR SMA KELAS XI BERBASIS ETHNOPHYSICS

Authors

  • Rizki Intan Sari Pendidikan Fisika, Universitas Jambi
  • Jufrida Jufrida Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Wawan Kurniawan Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Fibrika Basuki Tadris Fisika UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.697

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul materi suhu dan kalor SMA Kelas XI berbasis ethnophysics. Subjek penelitian ini adalah 3 orang ahli materi dan ahli media, serta siswa kelas XII di SMA Negeri 7 Kota Jambi yang berjumlah 28 siswa. Jenis data yang diperoleh ada 2 macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kebutuhan, lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan media serta angket persepsi siswa. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan e-modul materi suhu dan kalor berbasis ethnophysics. Kearifan lokal Jambi dijadikan sebagai konteks untuk menggali konsep suhu dan kalor. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 91,67% dengan kategori “Sangat Baik” dan ahli media sebesar 91,67% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan, hasil persepsi siswa terhadap e-modul materi suhu dan kalor berbasis ethnophysics memperoleh nilai dengan persentase sebesar 86,8% dengan kategori “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abonyi, O.S., Lawrence, A. & Njoku Matha I. A. (2014). Innovations In Science And Technology Education: A Case For Ethnoscience Based Science Classrooms. International Journal of Scientific & Engineering Research, Vol. 1(5), 52-56.

Affandy, D & Wulandari, P. (2012). An Exploration Local Wisdom Priority In Public Budgeting Process Of Local Government. Int. J. Eco. Res, 3(5), 61-76.

Anthony, L. B. (2017). The Integration Of Ethno Physics Into School Curriculum For Skill Acquisition Among Secondary School Students In Nigeria. International Journal of Innovative Research and Advanced Studies (IJIRAS), 4(8), 62-65.

Ardan, A. S. (2016). The Development of Biology Teaching Material Based on the Local Wisdom of Timorese to Improve Students Knowledge and Attitude of Environment in Caring the Preservation of Environment. International Journal of Higher Education, 5(3), 190-200.

Azizahwati. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding. Riau. Universitas Riau.

Basuki, F. R., Jufrida., & Suryanti, K. (2019). Identification Of Potential Local Wisdom Of Senamat Ulu Village (Electrical Independent Village) As A Source Of Science Learning. In Journal of Physics: Conference Series, 1185(1), p. 012102. IOP Publishing.

Dahliani, D. (2015). Local Wisdom Inbuilt Environment in Globalization Era. International Journal of Education and Research, 3(6), 157-166.

Derlina, Sinulingga, K., & Sinaga, B. (2019). Ethnophysics In Learning Based On Javanese Culture To Improve The Generic Skills Of Students'science. International Journal of Innovation, Creativity and Change (IJICC), 9(09), 226-241.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif di SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Fitriani, N. I & Setiawan, B. (2017). Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JPPIPA, 2(2).

Jufrida, F. R. Basuki., S. Rahma. (2018). Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 1-15.

Kurniawan, W., et al. (2019). The Analysis Of Ethnophysics Process In Making Traditional Machete In Indonesia. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(10), 1946-1949.

Mujaid, A. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Matematika Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Tesis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Riduwan., & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rosyidah, A. N, Sudarmin, Siadi, K. (2013). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Subali, B., Sofyan, A dan Ellianawati. (2015). Developing Local Wisdom Based Science Learning Design To Establish Positive Character In Elementary School. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 1-7.

Thiagarajan, S., Semmel, D. & Semmel, M. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Usman, N., H. Rahmatan, & A. G. Haji. (2019). Ethno-Science Based Module Development on Material Substance and its Characteristics to Improve Learning Achievement of Junior High School Students. International Journal of Innovation in Science and Mathematics, 3(7), 148-157.

Widoyoko, E.P.S. (2015). Teknis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2021-04-30

How to Cite

Sari, R. I., Jufrida, J., Kurniawan, W., & Basuki, F. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI SUHU DAN KALOR SMA KELAS XI BERBASIS ETHNOPHYSICS. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(1), 46–59. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.697