PENERAPAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA SMPN
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1868Keywords:
Discovery learning, critical thinking, HOTSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan LKPD Elektronik berbasis Discovery Learning terhadap peningkatan critical thinking skills peserta didik di SMP Negeri 4 Pakem. LKPD elektronik merupakan lembar kerja peserta didik yang didesain menggunakan google document yang bermuatan HOTS (High Order Thinking Skills). Teknis analisis data pada penelitian tindakan kelas ini meggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelian ini dilakukan selama 2 siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan critical thinking skills melalui penerapan LKPD elektronik berbasis discovery learning peserta didik SMP Negeri 4 Pakem. Untuk menguji efektivitas hasil pemberian perlakuan model discovery learning pada pembelajaran menggunakan analisis n gain. Hasil capaian nilai n gain terjadi peningkatan pada pertemuan 1 siklus I yaitu 0.34 yang berarti kategori sedang, kemudian pertemuan 2 siklus I yaitu 0.74 yang berarti kategori tinggi, Pertemuan 1 siklus II yaitu 0.96 dan pertemuan 2 siklus II yaitu 0.93. Adapun capaian persentase ketuntasan tiap siklus yaitu pada siklus I hasilnya 85.9% dan siklus II hasilnya 100% .
References
Anugrahana, Andri. 2018. Tinjauan Deskriptif Penerapan Higher Order Thinkin dan Problem-Based Learning Pada Mata Kuliah Geometri Berdasarkan Kemampuan Matematika Mahasiswa, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 2, Mei 2018: 142-156 Universitas Sanata Dharma
Ariandari, Weindy Pramita. "Mengintegrasikan Higher Order Thinking Dalam Pembelajaran Creative Problem Solving.” In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 2015.
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asih Widi Wisudawati dan Eka Silistyowati. (2004) Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Akasara
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih,N., & Nilakusmawati, D. P. E. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Google Docs Sebagai Media Pembinaan Karya Ilmiah Remaja. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, (October) Retrieved from http://erepo.unud.ac.id/2231/1/cba5cf
Fajriyah Khusnul, Agustini Ferina. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Jurnal Elementary School e-ISSN 2502- 4264 Volume 5 nomor 1 Januari 2018 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang.
Frydenberg, M. E., Andone, D. (2011). Learning for 21st Century Skills. IEEE'sInternational Conference on Information Society, London, 27-29 June 2011, 314-318.
Hamdani. (2011). Filsafat Sains. Bandung: Pustaka Setia.
Hendra Gunawan. (2008). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Matematika SMP. Bandung. Tersedia di: http://personal.fmipa.itb.ac.id/hgunawan/files/2011/04/developing-higher orderthinking-skills.pdf
Ilahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press
Khabibah, E. N. 2017. The Effectiveness of Module Based on Discovery Learning to Increase Generic Science Skills. Journal of Education and Learning, 11(2), 146–153.
Künsting, J., Kempf, J., & Wirth, J. 2013. Enhancing scientific discovery learning through metacognitive support. Contemporary Educational Psychology, 38(4), 349–360
Kurniasih dan Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.
Maharani, Y. B., & Hardini, I. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5), 249-561.
Meador, K. S. 2005. Thinking Creatively About Science: Suggestions for Primary Teachers. Science Education for Gifted Students., 13–22
Muhfahroyin. 2009. "Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. No. 16.
PISA.2018. Programme for international student assesment. http://www.oecd.org
Prabawati, 2010. Kumpulan Aplikasi Perkantoran Online. Yogyakarta: Wahana Komputer Semarang.
Rosnawati. 2009. Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional dengan tema ”Revitalisasi MIPA dan Pendidikan MIPA dalam rangka Penguasaan Kapasitas Kelembagaan dan Profesionalisme Menuju WCU".
Sani, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

