PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERKONTEKS ETHNOPHYSICS PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI

Authors

  • Jufrida Jufrida Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Haerul Pathoni Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Arni Alawiyah Pendidikan Fisika Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1867

Keywords:

E-Modul Fisika, Ethnophysics, Bahan Ajar dan Fluida Statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika berkonteks ethnophysics materi fluida statis kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa MAN 1 Tanjung Jabung Barat berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket kebutuhan siswa, lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli (materi dan media), dan angket persepsi siswa. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis secara statistik deskriptif. E-Modul fisika berkonteks ethnophysics pada materi fluida statis dikembangkan menggunakan aplikasi flip pdf professional. Berdasarkan validasi oleh tim ahli media dan materi menunjukan bahwa e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada meteri fluida statis kelas XI layak digunakan dan bisa dilakukan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan ada siswa kelas XI MAN Tanjung Jabung Barat diperoleh skor rata-rata untuk persepsi siswa sebesar 3,1 dengan kategori sangat baik.

References

Aprilinda, Y., Endra, R. Y., Afandi, F. N., Ariani, F., Cucus, A., & Lusi, D. S. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Explore:Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 11(2), 124. https://doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1591

Yaniaja, A. K, Wahyudrajat, H, & Devana, V. T. (2021). Pengenalan Model Gamifikasi ke dalam E-Learning Pada Perguruan Tinggi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.235

Iryanto, N. D. (2021). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Kettler, T., Lamb, K. N., & Mullet, D. R. (2021). Developing Creativity in the Classroom. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003234104

Siahaan, B. Z., & Bakri, F. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Kegiatan Pembelajaran Fisika. Proseding Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya, November, 1–6.

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13432

Wahyudi, I., Maharta, N., & Lampung, U. (2013). Pemahaman konsep dan miskonsepsi fisika pada guru fisika sma rsbi di bandar lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 18–32.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238

Yastiari, I. D. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dengan Media Gambar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 431. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21748

Zuhri, M. S., Jatmiko, B., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) Menggunakan PhET Simulation Untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Materi Fluida Statis Di SMAN Kesamben Jombang. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(03), 103–107.

Published

2023-08-30

How to Cite

PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERKONTEKS ETHNOPHYSICS PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI . (2023). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(2), 118-125. https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1867