PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERKONTEKS ETHNOPHYSICS PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1867Keywords:
E-Modul Fisika, Ethnophysics, Bahan Ajar dan Fluida StatisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika berkonteks ethnophysics materi fluida statis kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa MAN 1 Tanjung Jabung Barat berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket kebutuhan siswa, lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli (materi dan media), dan angket persepsi siswa. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis secara statistik deskriptif. E-Modul fisika berkonteks ethnophysics pada materi fluida statis dikembangkan menggunakan aplikasi flip pdf professional. Berdasarkan validasi oleh tim ahli media dan materi menunjukan bahwa e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada meteri fluida statis kelas XI layak digunakan dan bisa dilakukan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan ada siswa kelas XI MAN Tanjung Jabung Barat diperoleh skor rata-rata untuk persepsi siswa sebesar 3,1 dengan kategori sangat baik.
References
Aprilinda, Y., Endra, R. Y., Afandi, F. N., Ariani, F., Cucus, A., & Lusi, D. S. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Explore:Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 11(2), 124. https://doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1591
Yaniaja, A. K, Wahyudrajat, H, & Devana, V. T. (2021). Pengenalan Model Gamifikasi ke dalam E-Learning Pada Perguruan Tinggi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i1.235
Iryanto, N. D. (2021). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Kettler, T., Lamb, K. N., & Mullet, D. R. (2021). Developing Creativity in the Classroom. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003234104
Siahaan, B. Z., & Bakri, F. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Kegiatan Pembelajaran Fisika. Proseding Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya, November, 1–6.
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13432
Wahyudi, I., Maharta, N., & Lampung, U. (2013). Pemahaman konsep dan miskonsepsi fisika pada guru fisika sma rsbi di bandar lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 18–32.
Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238
Yastiari, I. D. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dengan Media Gambar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 431. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21748
Zuhri, M. S., Jatmiko, B., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) Menggunakan PhET Simulation Untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Materi Fluida Statis Di SMAN Kesamben Jombang. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(03), 103–107.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

