ANALISIS ETNOSAINS SENI ANYAMAN DAN BUDAYA BETANGAS DI MUARO JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS

Authors

  • Ega Lestari Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fibrika Rahmat Basuki Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arif Wiratama Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1770

Keywords:

Etnosains, anyaman pandan, prosesi betangas, sumber belajar sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis konsep sains pada proses pembuatan anyaman pandan dan betangas. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan sumber data diperoleh dari key informan seorang pengrajian anyaman pandan dan informan betangas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumntasi dan dianalisis menggunakan flow model analysis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembuatan anyaman pandan ini terdapat proses pengambilan pandan, pelayuran pandan, menjangko pandan, perendaman pandan dan menjemuran pandan. Konsep sains pada pembuatan anyaman pandan terdapat materi suhu dan kalor pada perpindahan kalor secara konduksi dan radiasi serta terdapat materi gaya gesek pada proses menganyam yaitu dapat mengklasifkasikan mahluk hidup, pengaruh gaya gesekan pada suatu benda. Betangas merupakan mandi uap yang menggunkan bahan alami seperti serai wangi, akar pinang, pandan wangi, daun jeruk purut dan lain- lain. Konsep sains yang terdapat pada proses betangas suhu dan kalor pada perpindahan kalor secara konveksi. Mengklasifikasikan mahkluk hidup dan mekanisme pengetaturan suhu tubuh.

References

Amalia, L., Sontani, F. D., & Nurkamilah, S. (2021). Kajian Etnobotani Tumbuhan Cangkuang (Pandanus furcatus Roxb.) di Masyarakat Adat Kampung Pulo Garut. Journal Civics & Social Studies, 5(2), 158–167. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i2.1324

Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Hadisaputra, S. (2021). Pendekatan etnosains dalam pembelajaran kimia untuk pembentukan karakter siswa: Tanggapan guru kimia di NTB. 16(1), 39–43. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2269

Aprilla, N., Viora, D., Syafriani, & Afiah. (2021). Olahan Daun Pandan Duri (Pandanus Tectorius) Menjadi Tikar Di Kabupaten Kampar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2693–2700. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5310

Basuki, F. R., Jufrida, & Suryanti, K. (2019). Identification of potential local wisdom of senamat ulu village (electrical independent village) as a source of science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012102

Evawarni. (2008). Kerajinan anyaman pandan di Jambi (A. W. S (ed.)).

Hidayah, Y., Feriandi, Y. A., & Saputro, E. A. V. (2019). Transformasi Kearifan Lokal Jawa Dalam Pendidikan Karakter Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 50. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a6.2019

Jufrida, Basuki, F. R., Oksaputra, M. F., & Fitaloka, O. (2021). Ethnoscience analysis of "lemang bamboo” Sumatera traditional food. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012085

Jufrida, Basuki, F. R., & Rahma, S. (2018). Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains Di SMP. EduFisika, 3(01), 1–16. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.5773

Niman, E. M. (2016). Kearifan Lokal dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 91–106.

Pela, S. O. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berupa Batik Tulis Lampung Pada Materi Suhu Kalor Untuk Peserta Didik Kelas Xi. 1–108.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Sari, S. P., Mapuah, S., & Sunaryo, I. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Etnosains untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 2(1), 9. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i1.284

Suryanti, K. (2018). Eksplorasi Kearifan Lokal Hutan Desa Lubuk beringin, Lubuk Larangan, dan Desa Mandiri listrik di Kabupaten bungo sebagai sumber belajar sains tingkat SMP. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1).

Tamelan, N., & Boimau, I. (2021). Eksplorasi Konsep Fisika pada Proses Pembuatan Anyaman Tikar Tradisional. 4(1), 1–8.

Published

2023-04-30

How to Cite

ANALISIS ETNOSAINS SENI ANYAMAN DAN BUDAYA BETANGAS DI MUARO JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS . (2023). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(1), 52-61. https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1770