EFEKTIVITAS TEKNIK CRI DALAM MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Yolanda Fhasya Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Boby Syefrinando Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dedi Sastradika Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1762

Keywords:

Miskonsepsi, CRI, kesulitan belajar, hasil belajar siswa, minat belajar

Abstract

Gaya merupakan materi yang sulit dipahami karena termasuk kedalam materi yang cukup kompleks dan memerlukan pemahaman konsep ilmiah yang lebih luas sehingga sering menyebabkan miskonsepsi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa dalam mengungkapkan miskonsepsi pada konsep gaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk kedalam penelitian survei. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah CRI. Sample penelitian yang diambil yaitu sebanyak 104 siswa dari jumlah keseluruhan siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Jambi.  Instrumen yang digunakan berupa soal tes diagnostic sebanyak 13 soal. Pengolahan data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan  metode CRI.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan siswa masih mengalami miskonsepsi. Hal ini terbukti dengan rendahnya pencapaian siswa di beberapa materi gaya seperti siswa kesulitan dalam menggambarkan gaya normal, siswa masih mengganggap bahwa gaya itu harus selalu mengalami perpindahan benda dan kesulitan dalam memahami gaya aksi dan reaksi. Temuan penelitian  menunjukkan bahwa siswa menganggap apabila benda tidak bergerak maka benda tidak mengalami gaya dan contoh lain  siswa berasumsi bahwa gaya normal selalu menuju pusat bumi.

References

A'yun, Q., & Nuswowati, D. M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan Cri (Certainty of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2108–2117.

Fadli, M., & Pasaribu, M. (2016). Analisis miskonsepsi mahasiswa program studi pendidikan fisika menggunakan certainty of response index (CRI) pada konsep gaya. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 4(3), 70–79.

Hasan, M., Lukum, A., & Mohamad, E. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Pilihan "ŽGanda dengan CRI Termodifikasi Materi Larutan "ŽElektrolit dan Non Elektrolit. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.10185

Jumini, S., Retyanto, B. D., & Noviyanti, V. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Fisika Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3(2), 196. https://doi.org/10.32699/spektra.v3i2.38

Maulini, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). The Three Tier-Test Untuk Mengungkap Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Konsep Konstanta Pegas. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 28. https://doi.org/10.26737/jipf.v2i2.222

Sastradika, D., Iskandar, I., Syefrinando, B., & Shulman, F. (2021). Development of animation-based learning media to increase student ' s motivation in learning physics Development of animation-based learning media to increase student ' s motivation in learning physics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012180

Published

2023-08-30

How to Cite

EFEKTIVITAS TEKNIK CRI DALAM MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. (2023). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(2), 105-111. https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1762