PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Authors

  • Robiyati Robiyati Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Boby Syefrinando Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fibrika Rahmat Basuki Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1750

Keywords:

Lembar Kerja Mahasiswa, model POE, suhu dan kalor.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lembar kerja mahasiswa berbasis model POE pada materi suhu dan kalor, mengetahui validitas lembar kerja mahasiswa berbasis model POE pada materi suhu dan kalor, mengetahui respon mahasiswa pada uji lembar kerja mahasiswa berbasis model POE pada materi suhu dan kalor. Penelitin ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model 4-D. Tahap Penelitian ini meliputi Define, Design, Develop dan Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa serta mahasiswa yang sudah menyelesaikan mata kuliah fisika dasar I yang terdiri dari 8 orang mahasiswa. Instrumen Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket mahasiswa. Data hasil validasi dan respon mahasiswa di analisis secara deskriptif. Hasil produk yang dikembangan berupa lembar kerja mahasiswa yang menggunakan sintaks model POE pada materi suhu dan kalor. Adapun percobaan yang terdapat di dalam LKM adalah pengaruh kalor terhadap suhu benda, penerapan asaz black, perpindahan kalor secara konduksi, dan konveksi. Hasil validasi ahli materi yaitu 100% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi oleh ahli media yaitu 93,84% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli Bahasa yaitu 91,42% dengan kategori sangat baik. Hasil uji responden mahasiswa pada lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan yaitu 91,1% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi beberapa ahli serta di dukung oleh hasil responden dapat disimpulkan bahwa lembar kerja mahasiswa berbasisi model POE pada materi suhu dan kalor layak digunakan.

References

Aulia, A., & Bahri, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 50–56.

Basuki, F. (2014). Pengembangan subject specifict pedagogy fisika berbasis guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 2(2), 20–35.

Effendi, R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe- Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X Smkn 5 Bandar Lampung Pokok Bahasan Kalor. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hasanah, M., Kaniawati, I., & Suyana, I. (2015). Pengembangan Simulasi Komputer Suhu dan Kalor Berbasis POE. Jurnal Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 2015(Snips), 421–424.

Jusliani, Z. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evalution) Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP. Skripsi, 1–85.

M aizaliani, C. R., Jannah, & Annisa, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain pada Materi Usaha dan Energi di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal

Mariyana, S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Suhu dan Kalor SMP/Mts Kelas VII. EduFisika, 3(01), 96–108. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.3867

Munawwara, Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Predict-Observe-Explain Pda Konsep Suhu dan Kalor Untuk Membekalkan Hots Peserta Didik Di SMAN Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 19–26.

Noor, A. F., Yunus, R., Syuidno, & Fahmi. (2023). Development Of Predict-Observe-Explain (POE) Based Authentic Promblems' Critical Thingking Skills. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 14(1), 69–82.

Oktari, S., Maharta, N., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan lks berbasis inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(5), 117476.

Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). The Study on the Implementation of Higher Order Thinking (Hots)-Based Physics Learning in Class X at Yogyakarta City Public High School. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(2), 104–112.

Resida, M., & Shofiyah, N. (2023). The Influence of the Simple Tool Practicum-Based POE Learning Model on Students' Cognitive Learning Outcomes in Junior High Schools. Academia Open, 8, 1–11. https://doi.org/10.21070/acopen.8.2023.5216

Rukmalasari, Hala, Y., & Jumadi, O. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Di SMP Negeri 1 Sunguminasa. Jurnal Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Makasar, 7(1), 1–13.

Syafa'ati, A. A. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Innkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Godean. Skripsi, 1–222.

Syefrinando, B. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash professional 8. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 1(2), 102. https://doi.org/10.30631/ijer.v1i2.21

Thiagarajan, & Author, S. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Wardhany, R. P. K. (2014). Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika.

Wiyatama, U. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Pada Pokok Bahasa Suhu dan Kalor Fisika SMA Kelas X. Skripsi, 87(1,2), 149–200.

Yus'iran, Y., Buraidah, B., & Suswati, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Suhu Dan Kalor. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika ), 4(2), 6–9. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.662

Published

2023-08-30

How to Cite

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI SUHU DAN KALOR . (2023). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(2), 78-87. https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1750