PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i2.1749Keywords:
Lembar Kerja Mahasiswa, Direct instruction, Besaran dan Pengukuran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Developmet) yang menggunakan model 4D. Tahap penelitian ini meliputi Define, Design, dan Development. Subjek penelitian ini yaitu satu orang ahli materi, satu orang ahli media, satu orang ahli bahasa dan mahasiswa yang sudah mempelajari matakuliah eksperimen fisika yang terdiri dari 10 orang mahasiswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket mahasiswa. Data hasil validasi dan respon mahasiswa di analisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran. Lembar kerja ini terdapat lima percobaan yaitu alat ukur panjang, alat ukur massa, alat ukur suhu, alat ukur waktu, dan alat ukur arus dan tegangan. Hasil validasi ahli materi yaitu 78% dengan kategori baik, hasil validasi ahli media yaitu 92% dengan kategori sangat baik, hasil validasi ahli bahasa 91% degan kategori sangat baik, dan hasil uji responden mahasiswa pada lembar kerja yang dikembangkan yaitu 87,50% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa produk lembar kerja mahasiswa berbasis direct instruction pada materi besaran dan pengukuran sangat layak digunakan.
References
Agustina, S. (2016). Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Praktikum Besaran Dan Pengukuran Kelas X Di Sma Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 100–110. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3435
Cahyani, I. E., Afrizon, R., & Hidayati, H. (2019). Validasi Lembar Kerja Siswa Bermuatan Literasi Saintifik Pada Materi Besaran-Pengukuran Dan Vektor. Pillar of Physics ..., 12(3), 569–576. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/6950
Hunaepi, Samsuri, T., & Afrilyana, M. (2014). Model Pembelajaran Langsung (Muhali, H. Fitriani, & S. Prayogi (eds.); teori dan, Vol. 3, Issue September). Duta Pustaka Ilmu – Gedung Catur FPMIPA IKIP Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram – Lombok-NTB, email: dutapustakailmu@yahoo.co.id.
Huwaa, N. C., & Matitaputty, C. (2019). Desain Lembar Kerja Mahasiswa dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Pembelajaran Sistem Pembuktian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 45–50.
Jusliani, Z. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Elaborasi, Evaluation) Pada Materi Getaran dan Gelombang. IAIN Batusangkar.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12
Kusumawati, D., & Dwiningsih, K. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berorientasi Direct Instruction Melalui Blended Learning Pada Materi Hidrokarbon. UNESA Journal of Chemical Education, 8(2), 38–42. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v8n2.p%25p
Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik Pada Materi Cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100–105. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v1i1.23143
Mahir, N. N. (2020). Artikel Review Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ). 5–8.
Mirawati, B., & Royani, I. (2019). Pengembangan LKS Biologi SMA Berbasis Praktikum dengan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 88. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.152
Miswati, M., Amin, A., & Lovisia, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Macro Berbasis Problem Based Learning Materi Besaran dan Pengukuran Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 77–91. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.984
Nadori, S., & Hoyi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Aurora 3D Materi Pengukuran. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(3), 78–82. https://doi.org/10.37251/jee.v1i3.138
Nasional, S., Riset, H., Lestari, S., & Kurniawan, D. A. (2021). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) Terhadap Materi Fisika di SMAN 3 Muaro Jambi 1 st E-proceeding SENRIABDI 2021. 1(1), 54–61.
Nurhayati, T., Rokhimawan, M. A., & Putri, R. D. P. (2021). Pembelajaran Model Blended Learning pada Mata Kuliah Sains Lanjut dengan Menggunakan Kurikulum KKNI. Jurnal Basicedu, 5(5), 3858–3865. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1396
Rahmadani, W. (2019). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(2), 897–906.
Rizki, S., Mastuang, M., & Salam, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Direct Instruction untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Materi Gerak Melingkar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 26–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/jipf.v6i1.3295
Salam, A., Kuswanti, N., & Hayati, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pendekatan Saintifik pada Materi Besaran Dan Pengukuran Untuk Kelas VII SMP. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 6(1), 28–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36706/jip.v9i1.16
Syam, S., & Yunus, N. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 29–37.
Widodo, S., Sukiswo, S. E., & Putra, N. M. D. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Pengukuran. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 8(1), 42–46. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1068
Yanti, D. E. Bu., Subiki, & Yushardi. (2016). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika Dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Sma Negeri Di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 41–46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

