PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1746Keywords:
Lembar Kerja Mahasiswa, Problem Based Learning, Getaran dan GelombangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lembar kerja mahasiswa berbasis model problem based learning pada materi getaran dan gelombang, mengetahui validitas lembar kerja mahasiswa berbasis model problem based learning pada materi getaran dan gelombang, dan mengetahui respon mahasiswa terhadap uji lembar kerja mahasiswa berbasis model problem based learning pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Desseminate). Subjek penelitian ini yaitu satu ahli materi, satu ahli media, satu ahli bahasa, dan mahasiswa yang sudah mempelajari fisika dasar 1 yang terdiri dari 11 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket mahasiswa. Data hasil validasi dan respon mahasiswa di analisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan lembar kerja mahasiswa berbasis model problem based learning. Lembar kerja mahasiswa ini terdapat tiga percobaan yaitu bandul matematis, gelombang stasioner, dan tangki riak. Hasil validasi ahli materi yaitu 98% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media yaitu 95% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli bahasa yaitu 91% dengan kategori sangat baik. Hasil uji responden mahasiswa pada lembar kerja mahasiswa yang dikembangkan yaitu 92,4% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli didukung dengan hasil uji responden maka dapat disimpulkan bahwa lembar kerja mahasiswa berbasis model problem based learning pada materi getaran dan gelombang layak digunakan.
References
Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729
Alan, U. F., & Afriansyah, E. satya A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.
Algiranto, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Sma Kelas X. Jurnal Perspektif Pendidikan, 15(1), 69–80. https://doi.org/10.31540/jpp.v15i1.1038
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1011–1024. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Erwin, Permana, & Hayat, M. S. (2018). Strategi Evaluasi Program Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 12–20. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2308
Farcis, F., Ariadi, P., & Dinata, C. (2022). Bahana Pendidikan : Jurnal Pendidikan Sains Pengembangan LKPD Berbasis Web pada Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rungan. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 25–34. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i1.5068
Jusliani, Z. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Elaborasi, Evaluation) Pada Materi Getaran dan Gelombang. IAIN Batusangkar.
Nasution, S. W. R. (2018). Penarapan Model Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.85
Nofitasari, R. N. (2019). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas VII MTs/SMP (Vol. 8, Issue 5).
Nurmayani, L. I. A., Doyan, A., Nyoman, N. I., Putu, S. R. I., & Kunci, K. (2018). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA ( JPPIPA ). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 4(2), 2–7. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113
Oktaviani, W., & Sutrio, G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, III(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.320
Rahmadani, W. (2019). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(2), 897–906.
Saputra, T., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2020). Application of Guided Inquiry Learning Model to Science Process Skills and Habits of Mind on Business and Energy Materials. 1–10.
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v6i1.815
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

