PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA

Authors

  • Maya Eva Meriani Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fibrika Rahmat Basuki Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Krisna Suryanti Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1742

Keywords:

lembar kerja mahasiswa; pendekatan saintifik; fluida

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya lembar kerja mahasiswa pada materi fluida, belum lengkapnya alat laboratorium, dan belum banyaknya praktikum yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lembar kerja mahasiswa berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida, mengetahui validitas lembar kerja mahasiswa berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida, dan mengetahui respon mahasiswa pada uji lembar kerja mahasiswa berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Developmet) yang menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu satu orang ahli materi, satu orang ahli media, satu orang ahli bahasa dan mahasiswa yang sudah mempelajari matakuliah fisika dasar I yang terdiri dari 10 orang mahasiswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket mahasiswa. Data hasil validasi dan respon mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan lembar kerja mahasiswa berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida. Lembar kerja mahasiswa ini terdapat lima percobaan yaitu tekanan hidrostatik, hukum pascal, kapilaritas, viskositas dan manometer. Hasil validasi ahli materi yaitu 88% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media yaitu 95,38% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli bahasa 80% dengan kategori baik. Hasil uji responden mahasiswa pada lembar kerja yang dikembangkan yaitu 89,84% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa produk lembar kerja mahasiswa berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida layak digunakan.

References

Ayuningtyas, P., W, S. W., & Supardi, A. I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Poses Sains Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 636–647.

Ela, Y., Yenni, S., Amali, D., & Sari, Y. S. (2019). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Fluida Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas Xi Sman 7 Solok Selatan. Pillar of Physic Education, 12(4), 769–776.

Lendri, A., & Asrizal. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik Dan Hots Dalam Model Pembelajaran Penemuan Materi Fluida Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang. Pillar of Physics Education, 12(2), 257–264.

Mandranitiya, W., & Susilowibowo, J. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sebagai Pendukung Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(3), 1–6.

Manelza, V., & Dewi, W. S. (2019). Validasi LKPD Terintegrasi Nilai-nilai Karakter dengan Learning Cycle 5E Pada Materi Fluida Kelas XI. Jurnal Pillar of Physics Education, 12(3), 369–376.

Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, V(1), 42–57.

Mayasari, H., Syamsurizal, & Maison. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statik untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v4i2.2533

Pamungkas, A. S., & Yuhana, Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 177–182.

Rahayuningsih, D. I., Mustaji, & Suboto, W. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. Journal of Teaching in Elementary Education, 1(1), 59. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112

Sahfitri, A., & Hartini, S. (2019). Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa Untuk Anak Sekolah Dasar. Information System for Educatos and Professionals, 3(2), 141–152.

Sari, M., Amin, A., & Arini, W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Fisika Berbasis Scientific pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1045

Setiyadi, M. W., Ismail, & Gani, H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 102–112. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Sutarto, Wardhani, R. P. K., & Subiki. (2014). Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 1–8.

Titahsari, S. S., & Jatmiko, B. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Metode GW-ACCESS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas X SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(03), 26–31.

Yuliana, Y., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Kappa Journal, 4(1), 85–92. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1990

Zahara, R., Wahyuni, A., & Mahzum, E. (2017). Perbandingan Pembelajaran Metode Praktikum Berbasis Keterampilan Proses dan Metode Praktikum Biasa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 170–174.

Published

2023-04-30

How to Cite

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA. (2023). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(1), 24-32. https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1742