ANALISIS KEBUTUHAN GURU SEBAGAI ACUAN DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI ETNOSAINS
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1732Keywords:
perangkat pembelajaran, flipped classroom, etnosainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran fisika di MAN 1 Muaro Jambi. Data penelitian diperoleh dari kegiatan wawancara guru fisika tentang analisis kebutuhan terhadap perangkat pembelajaran Flipped classroom yang terintegrasi etnosains. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa 1) pada proses pembelajaran fisika, keterlibatan peserta didik sangat kurang disebabkan guru hanya memposisikan peserta didik sebagai penerima informasi, 2) pembelajaran fisika cenderung menggunakan model discovery learning yang hanya berfokus pada pembelajaran tatap muka, 3) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka dan pembelajaran abad 21, 4) perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru belum memuat model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka serta belum terintegrasi etnosains. Hasil analisis wawancara guru fisika menunjukkan bahwa guru lebih membutuhkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka agar guru dapat dengan mudah melaksanakan pembelajaran yang berpandu pada perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.
References
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan efektivitas pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855–866.
Ahmad, V. I., Ikmal, H., Mumtahana, L., & Fatmala, E. (2021). Blended Learning Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Jawa timur : Nawa Litera Publishing.
Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.
Apriyanti, Y., & Nyeneng, I. D. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Getaran Harmonis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 69–79.
Arianti, N., & Pramudita, D. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Melalui Kerangka Community of Inquiry Dengan Model Think Pair Share. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(1), 65–73.
Basuki, F. R., Kurniawan, W., Jufrida, & Kurniawan, D. A. (2019). Pemetaan Kompetensi Dasar Dan Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ipa Smp Di Kabupaten Batanghari. DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 301–322.
Bunda, A. P., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Rohimat, R. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika Materi Rangkaian Arus Searah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains, 3(1), 333-340.
Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. 2020. Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar MIPA, 15 (3) : 214-218.
Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 40–44.
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, 81–88.
Ramadhan, R. H., Ratnaningtyas, L., Kuswanto, H., & Wardani, R. 2019. Analysis of physics aspects of local wisdom: Long Bumbung (Bamboo Cannon) in media development for android-based physics comics in sound wave chapter. In Journal of Physics : Conference Series. 1397 (1) : 012016.
Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173.
Sihaloho, Evi, Y., M., Suana, W., Suyatna, A., Sumantri, J., No, B., & Lampung, B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal EduMatSains, 2(1), 55–71.
Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1), 59–63.
Syarofa, N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Yang Berorientasi Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran PPKn Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas V SDN Belitung Selatan 5 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 5.
Utami, D.P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, D., & Hidayat, F. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Pespektif Ekologi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(12), 2735-2742.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

