KORELASI ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN LITERASI SAINS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1705Keywords:
keterampilan proses sains, literasi sains, korelasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki korelasi antara keterampilan proses sains dengan literasi sains siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah di Kota Jambi. sampel kelas VIII B dan VIII D sebanyak 43 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes keterampilan proses sains dan literasi sains pada materi usaha dan pesawat sederhana. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui uji korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 63,72 dan hasil literasi sains 57,37. Berdasarkan analisis statistik, terlihat bahwa adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains dengan literasi sains. Koefisien korelasi r = 0.760, yang berarti terdapat hubungan positif yang kuat antara keterampilan proses sains dengan literasi sains siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Jambi
References
Amnie, E., Abdurrahman, & Ertikanto, C. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 123–137.
Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174.
Chen, D., Fitriani, R., Maryani, S., Setiya Rini, E. F., Putri, W. A., & Ramadhanti, A. (2020). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Kelas VIII Pada Materi Cermin Cekung. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 50–55. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.50-55
Danianty, N., & Sari, P. M. (2022). Hubungan Literasi Sains dengan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1007. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.894
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Mardianti, F. (2020). Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Saintifik. 12(2).
Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 195–204.
OECD. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations. The Language of Science Education, 64. https://doi.org/OECD Publishing
Rahmawati, Nugroho, & Putra. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 3(1). https://doi.org/10.15294/upej.v3i1.3109
Riatin, I. R. (2021). Hubungan kemampuan literasi sains peserta didik dengan hasil belajar di smp negeri 1 takengon.
Sibarani, R. A. M., Afandi, & Andi Besse Tentiawaru. (2019). Pentingnya literasi sains bagi siswa di era revolusi industri 4.0. Oktober, 214–221.
Sukarno. (2022). Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Topik Besaran Dan Satuan Dalam Perspektif Kooperatif Learning. Jurnal Luminous, 3(1), 11–17.
Surya, P. D. M., Suma, K., & Subagia, I. W. (2021). Wahana Matematika dan Sains : Jurnal Matematika , Sains , dan Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Wahana Matematika dan Sains : Jurnal Matematika , Sains , dan Pembelajaranny. Wahana Matematika Dan Sains : Jurnal Matematika , Sains , Dan Pembelajarannya, 15(3), 86–97.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.
Wulandari, A. S., Suma, K., & Mardana, I. B. P. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.822
Wulaningsih, D., Sartono, N., & Nurmanita, S. R. (2022). Relationship Between Integrated Science Process Skills and Self- Efficiency With Student Biological Literature Hubungan Antara Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dan Efikasi Diri dengan Literasi Biologi Siswa. 4(2), 26–37.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

