PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1670Keywords:
Keywords: Inquiry Learning Model, Critical Thinking Skills.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 1 Borong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan posttest-only control grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Borong yang berjumlah 221 orang dan sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 54 orang. Teknik pengambilan data menggunakan tes yang berupa tes uraian. Tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan SPSS peroleh hasil analisis yakni nilai signifikan untuk (sig 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII mata pelajaran IPA SMPN 1 Borong.
References
Aisiah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Peserta Didik MTS MIFTAHUL MUIN. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negri Makasar, i.
Asniar, Nurhayati, & Khaeruddin. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran pendidikan abad ke-21
Ennis, R. H., & Weir, E. (1985). The Ennis-Weir Critical Thinking Essay Test.
Kaleka, M. (2018). Effect Of Free Inquiry Models To Learning Achievement And Character Of Student Class XI. 5th Interntional Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science (ICRIEMS), 3–7.
Kaleka, M., & Elly, H. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Prestasi Belajar Dan Karakter Siswa Kelas Ix. Jurnal Dinamika Sains, 2(1), 50–55.
Karisma Putri, N., Yuberti, & Hasanah, U. (2021). Physics and Science Education Journal ( PSEJ ) Physics and Science Education Journal ( PSEJ ). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1, 1–12.
Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Nurhayani, Haris, A., & Khaeruddin. (2018). Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 8 Maros. jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12659
Rosyida, F., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2016). Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS ( Reading Concept Map Timed Pair Share ) Empowering Critical Thinking Skills by Remap TmPS ( Reading Concept Map Timed Pair Share ) Learning Model ). Jurnal Biologi, Sains, Lingkungan, Dan Pembelajarannya Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Bangsa, 13(1), 209–214.
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan & desain sistem pembelajaran (p. 202). Kencana Prenada Media Group.
Selo Gu, M. K., Kaleka, M. B. U., & Ika, Y. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vii Semester Ii Smp Negeri 7 Nangapanda Tahun Pelajaran 2018/2019. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 1–9. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.327
Siagian Fernando, A. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal FKIP Universitas HKBP Nommensen.
Siti Zubaidah. (2010). Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema "Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia,” 16(January 2010), 1–14.
Sulianti, A., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 165–175.
Thabroni, G. (2022). Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Zubaidah. (2016 ). Kemendikbud dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan pendidikan harus memiliki 3 kompetensi yaitu sikap , pengetahuan , dan keterampilan . Pada dimensi berpi. 2, 140–151..
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

