PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1549Keywords:
model pembelajaran, discovery learning, macromedia flash 8, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa menggunakan model discovery learning berbantu macromedia flash 8. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Kabupaten Tebo dengan jumlah siswa 38. Data dikumpulkan dengan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan model discovery learning berbantu macromedia flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan nilai hasil observasi yang dilihat pada setiap siklus, pada pra-siklus rata-rata 59, sementara pada siklus I menjadi 68, dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 75 dan melebihi KKM 73. Pra-siklus siswa yang memenuhi standar keberhasilan belajar hanya terdapat 10 siswa, sementara setelah dilakukan tindakan ternyata bertambah menjadi 31 orang siswa yang tuntas mengikuti proses pembelajaran. Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika menggunakan model discovery learning berbantu macromedia flash8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Azizaturrizkina, H., Mukhlis, M., & Merta, I. W. (2021). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash Melalui Penggunaan Media Online Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Perserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 16(3). https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2547
Damayanti, S. Q., Mahardika, I. K., & Indrawati. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash disertai LKS yang Terintegrasi dengan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4).
Haryani, H., Yunus, M., & Anwar, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash berbasis Discovery Learning pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIA 1 SMAN 9 Makassar. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 21(1). https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14838
Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Logaritma, II(01).
Kirti, I. G. A. S., Sukardi, S., & Ismail, I. (2018). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Slide Program Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.60
Liline, S., Kubangun, M. T., & Heremba, W. N. M. J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Ekologi Hewan Berbasis Macromedia Flash 8 Materi Adaptasi Hewan. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 7(2).
Mayana, I., Sthephani, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Mustamid, M., & Raharjo, H. (2015). Pengaruh Efektifitas Multimedia Pembelajaraan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Invers. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.21
Negara Sugiyanto, Apryza Ryzchy, Mercuriani, & Ixora. (2019). Effectiveness Guided Discovery Learning Model With Macromedia Flash Animation Toward Misconception Decreation. Proceedings of the Proceeding of the 2nd International Conference Education Culture and Technology, ICONECT 2019, 20-21 August 2019, Kudus, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.20-8-2019.2288112
Nurdin, F., Sulastri, T., & . H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar (Study Pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Review (CER), 1. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5607
Nuriza, U., & Abidin, Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash 8. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Reffiane, F., & Bayutama, L. (2019). Interactive Media Development Based Macromedia Flash 8 on Themeliving Matter of Primary Class IV. International Journal of Active Learning, 4(1).
Rizkiana, Ahmad, Marzuki, M. P., & Lubis, Januradi Rosyidi, M. K. (2019). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA N 1 Panyambungan Utara. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3).
Rusilowati, A., Astuti, B., & Rahman, N. A. (2019). How to improve student's scientific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1170(1), 012028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1170/1/012028
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3).
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Umam, K. (2016). Pengaruh menggunakan software macromedia flash 8 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp84-92
UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. (2003). UU Sisdiknas No.20 tahun 2003. Demographic Research, 49(0).
Wardono, W., Rochmad, R., Uswatun, K., & Mariani, S. (2020). Comparison between Generative Learning and Discovery Learning in Improving Written Mathematical Communication Ability. International Journal of Instruction, 13(3), 729–744. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13349a
Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

