PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERKONTEKS ETNOSAINS PADA PERMAINAN PATOK LELE DAN GOBAK SODOR

Authors

  • Rahma Dani Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Jufrida Jufrida Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Fibrika Rahmat Basuki Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Farradilla Handayani Pendidikan Fisika Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1543

Keywords:

Buku pengayaan, permainan tradisional, etnosains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan fisika berkonteks etnosains pada permainan patok lele dan gobak sodor dan mengetahui persepsi siswa terhadap buku pengayaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah dua ahli dan siswa SMAN 9 Kota Jambi dan SMAN 7 Kota Jambi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes diagnostik, lembar wawancara, serta angket persepsi siswa. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan fisika pada permainan tradisional patok lele dan gobak sodor yang dicetak dalam ukuran A5. Hasil validasi buku pengayaan pada aspek materi diperoleh hasil 91% dengan kategori "Sangat Baik dan pada aspek media diperoleh hasil 93,75% dengan kategori "Sangat Baik”. Hasil persepsi siswa buku pengayaan mendapatkan hasil 90,78% dengan kategori "Sangat Baik”.

References

Abonyi, O. S., Achimugu, L. & N., & Adibe, M. I. (2014). Innovations in science and technology education: A case for ethnoscience based science classrooms. International Journal of Scientific & Engineering Research, 5(1), 52–56.

Armalena. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 89–100. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3023

Asbanu, D. E. S. I., & Babys, U. (2017). The Development of Sound Wave Audacity Base Learning Media Using Ethnoscience Approach of Amanuban Tribe to Improve Physics Teacher Candidates? Science Process Skill. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(11), 324–329.

Helmi, T., Munjin, R. A., & Purnamasari, I. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh Dllaj Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.30997/jgs.v2i1.209

Jufrida, Basuki, F. R., & Pratiwi, D. R. (2019). The Potential of Local Wisdom on Traditional Fishing (Tangkul) Gear in Lake Sipin Jambi City as a Science Learning Source. Scientiae Educatia, 7(2), 146. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v7i2.2858

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.

Nurhayati. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2252), 39–48.

Rumiati, Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan (M. Rusdi (ed.); 1st ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERKONTEKS ETNOSAINS PADA PERMAINAN PATOK LELE DAN GOBAK SODOR . (2022). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(2), 101-109. https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1543