PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERKONTEKS ETNOSAINS PADA PERMAINAN PATOK LELE DAN GOBAK SODOR
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1543Keywords:
Buku pengayaan, permainan tradisional, etnosainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan fisika berkonteks etnosains pada permainan patok lele dan gobak sodor dan mengetahui persepsi siswa terhadap buku pengayaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah dua ahli dan siswa SMAN 9 Kota Jambi dan SMAN 7 Kota Jambi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes diagnostik, lembar wawancara, serta angket persepsi siswa. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan fisika pada permainan tradisional patok lele dan gobak sodor yang dicetak dalam ukuran A5. Hasil validasi buku pengayaan pada aspek materi diperoleh hasil 91% dengan kategori "Sangat Baik dan pada aspek media diperoleh hasil 93,75% dengan kategori "Sangat Baik”. Hasil persepsi siswa buku pengayaan mendapatkan hasil 90,78% dengan kategori "Sangat Baik”.
References
Abonyi, O. S., Achimugu, L. & N., & Adibe, M. I. (2014). Innovations in science and technology education: A case for ethnoscience based science classrooms. International Journal of Scientific & Engineering Research, 5(1), 52–56.
Armalena. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 89–100. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3023
Asbanu, D. E. S. I., & Babys, U. (2017). The Development of Sound Wave Audacity Base Learning Media Using Ethnoscience Approach of Amanuban Tribe to Improve Physics Teacher Candidates? Science Process Skill. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(11), 324–329.
Helmi, T., Munjin, R. A., & Purnamasari, I. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh Dllaj Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.30997/jgs.v2i1.209
Jufrida, Basuki, F. R., & Pratiwi, D. R. (2019). The Potential of Local Wisdom on Traditional Fishing (Tangkul) Gear in Lake Sipin Jambi City as a Science Learning Source. Scientiae Educatia, 7(2), 146. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v7i2.2858
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.
Nurhayati. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2252), 39–48.
Rumiati, Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan (M. Rusdi (ed.); 1st ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

