PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SMA BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA PERAHU TRADISIONAL JAMBI

Authors

  • Jufrida Jufrida Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Rahma Dani Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Nabila Eka Wijaya Pendidikan Fisika Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1542

Keywords:

Perahu Tradisional, Kearifal Lokal, Indigeneus

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengembangkan buku pengayaan fisika SMA berkonteks kearifan local pada perahu tradisional Jambi dan mengetahui presepsi siswa  terhadap buku pengayaan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan  model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementattion, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media serta 30 siswa SMAN 1 Kota Jamb dan SMA Adhyaksa 1 Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostic, lembar validasi ahli, serta  angket respon  siswa.  Penelitian  ini  menghasilkan buku  pengayaan  fisika SMA pada perahu tradisioanl Jambi yang dicetak dalam ukuran A5. Buku pengayaan ini menjelaskan pengetahuan asli masyarakat tentang perahu tradisional yang kemudian  direkontruksi  menjadi  pengetahuan  ilmiah. Hasil  validasi  buku  pengayaan  pada  aspek materi diperolehhasil 93.33 dengan kategori sangat baik dan pada aspek media diperoleh hasil 89,19 dengan kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan buku pengayaan mendapatkan hasil 89,19 dengan kategori baik. Buku pengayaan fisika SMA pada perahu tradisioanl Jambi layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika.

References

Andarini, F. F., Sunardi, Monalisa, L. A., Pambudi, D. S., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa. Kadikma, 10, 45–55.

Balaya, A. N., & Zafi, A. A. (2020). Peranan kearifan dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 27. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p27-34

Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). The Effectiveness of the Ethnoscience Based Ipa Module on the Improvement of Students' Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76

Henri, H., Hakim, L., & Batoro, J. (2018). Kearifan Lokal Masyarakat sebagai Upaya Konservasi Hutan Pelawan di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Lingkungan, 16(1). https://doi.org/10.14710/jil.16.1.49-57

Jufrida, Basuki, F. R., & Rahma, S. (2018). Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains Di SMP. EduFisika, 3(01), 1–16. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.5773

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.

Novra, A. (2012). Wisata Olah Raga Tantangan Perairan Antar Dua Taman Nasional ( Inovasi Strategi Promosi Ekowisata Provinsi Jambi ). Jurnal Nasional Pariwisata, 4(April), 35–44.

Nurhayati, W., Serevina, V., & Bakri, F. (2016). Pengembangan Buku Fisika Multi Representasi Pada Materi Gelombang Dengan Pendekatan Berbasis Masalah. V, SNF2016-RND-89-SNF2016-RND-94. https://doi.org/10.21009/0305010219

Qomariyah, N., Desnita, & Permana, A. H. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi untuk Siswa SMA. PROSIDING SNIPS 2016, 607–613.

Rosdianto, H. (2017). Students' Comprehension about the Concept of Light through Generative Learning Model. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(2), 259–262. https://doi.org/10.23887/JPI-UNDIKSHA.V6I2.11913

Rosuli, N., Koto, I., & Rohadi, N. (2019). Pembelajaran Remedial Terpadu Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Generatif Untuk Mengubah Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 185–192. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.185-192

Rumiati, Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570

Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017). Development of Ethnoscience Approach in The Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student's entrepreneurship. Journal of Physics: Conference Series, 824(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/824/1/012024

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SMA BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA PERAHU TRADISIONAL JAMBI. (2022). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(2), 89-100. https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1542