PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SMA BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA PERAHU TRADISIONAL JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1542Keywords:
Perahu Tradisional, Kearifal Lokal, IndigeneusAbstract
Penelitian ini bertjuan untuk mengembangkan buku pengayaan fisika SMA berkonteks kearifan local pada perahu tradisional Jambi dan mengetahui presepsi siswa terhadap buku pengayaan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementattion, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media serta 30 siswa SMAN 1 Kota Jamb dan SMA Adhyaksa 1 Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostic, lembar validasi ahli, serta angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan fisika SMA pada perahu tradisioanl Jambi yang dicetak dalam ukuran A5. Buku pengayaan ini menjelaskan pengetahuan asli masyarakat tentang perahu tradisional yang kemudian direkontruksi menjadi pengetahuan ilmiah. Hasil validasi buku pengayaan pada aspek materi diperolehhasil 93.33 dengan kategori sangat baik dan pada aspek media diperoleh hasil 89,19 dengan kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan buku pengayaan mendapatkan hasil 89,19 dengan kategori baik. Buku pengayaan fisika SMA pada perahu tradisioanl Jambi layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika.
References
Andarini, F. F., Sunardi, Monalisa, L. A., Pambudi, D. S., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa. Kadikma, 10, 45–55.
Balaya, A. N., & Zafi, A. A. (2020). Peranan kearifan dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 27. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p27-34
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). The Effectiveness of the Ethnoscience Based Ipa Module on the Improvement of Students' Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76
Henri, H., Hakim, L., & Batoro, J. (2018). Kearifan Lokal Masyarakat sebagai Upaya Konservasi Hutan Pelawan di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Lingkungan, 16(1). https://doi.org/10.14710/jil.16.1.49-57
Jufrida, Basuki, F. R., & Rahma, S. (2018). Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains Di SMP. EduFisika, 3(01), 1–16. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.5773
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.
Novra, A. (2012). Wisata Olah Raga Tantangan Perairan Antar Dua Taman Nasional ( Inovasi Strategi Promosi Ekowisata Provinsi Jambi ). Jurnal Nasional Pariwisata, 4(April), 35–44.
Nurhayati, W., Serevina, V., & Bakri, F. (2016). Pengembangan Buku Fisika Multi Representasi Pada Materi Gelombang Dengan Pendekatan Berbasis Masalah. V, SNF2016-RND-89-SNF2016-RND-94. https://doi.org/10.21009/0305010219
Qomariyah, N., Desnita, & Permana, A. H. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi untuk Siswa SMA. PROSIDING SNIPS 2016, 607–613.
Rosdianto, H. (2017). Students' Comprehension about the Concept of Light through Generative Learning Model. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(2), 259–262. https://doi.org/10.23887/JPI-UNDIKSHA.V6I2.11913
Rosuli, N., Koto, I., & Rohadi, N. (2019). Pembelajaran Remedial Terpadu Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Generatif Untuk Mengubah Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 185–192. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.185-192
Rumiati, Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570
Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017). Development of Ethnoscience Approach in The Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student's entrepreneurship. Journal of Physics: Conference Series, 824(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/824/1/012024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

