PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DI SMA

Authors

  • Arafatu Saniah Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Sukarno Sukarno Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Abdul Rahim Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1514

Keywords:

model contextual teaching and learning,pembelajaran fisika, literasi sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan Literasi Sains siswa di SMA di Tanjung Jabung Timur. Kemampuan literasi sains siswa di salah satu SMA di Tanjung Jabung Timur masih rendah khususnya pada pelajaran fisika. Hal tersebut diakibatkan kurangnya latihan soal yang berkaitan dengan soal-soal tingkat tinggi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor. Dimana dengan menggunakan model tersebut mengajak siswa berfikir kritis dan dapat mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari atau yang ada disekitar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah One Group pretest-posttest design dengan menggunakan sample sebanyak 31 siswa dalam satu kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal Literasi sains. Hasil analisis memperoleh data nilai pretest 32,22 dan data nilai posttes 79,24 dan untuk perhitungan yang diperoleh uji-t adalah 0,8 dengan kategori baik. Dengan demikian bisa dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan Literasi sains siswa di SMA di Tanjung Jabung Timur dalam pembelajaran fisika.

References

Alpian, Y., Anwar, A. S., & Puspawati, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 3(3).

Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436

Creswell, J. W. (2009). Research Design (Quaitative, Quantitative, and Mix Method). In Sage Publication, Inc.

Gita, A., Putra, P., & Bektiarso, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, V.

Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching and Learning). Logaritma, II(01).

Kurniasih, D. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 285. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53345

Latif, M., & Latief, S. (2018). Teori Manajemen Pendidikan: Edisi Pertama. Kencana: Jakarta.

Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3).

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.

OECD. (2019). PISA 2018 Results. In OECD Publishing.

Rumiati, Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570

Rusilowati, A., Astuti, B., & Rahman, N. A. (2019). How to improve student's scientific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1170(1), 012028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1170/1/012028

Safnowandi, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Sains Siswa. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 40–54. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i1.831

Snow, C. E., & Dibner, K. A. (2016). Science Literacy. In C. E. Snow & K. A. Dibner (Eds.), Science Literacy: Concepts, Contexts, and Consequences. National Academies Press. https://doi.org/10.17226/23595

Sussi, Fitriyanti, N., Komariah, A., & Kurniady, D. A. (2019). Active physics learning with contextual teaching learning methods. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(2).

Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A. (2011). Build students' scientific literacy. In Humaniora.

Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311

Yuliati, Y. (2017). Literasi sain dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DI SMA. (2022). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(2), 110-115. https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1514