PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1514Keywords:
model contextual teaching and learning,pembelajaran fisika, literasi sainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan Literasi Sains siswa di SMA di Tanjung Jabung Timur. Kemampuan literasi sains siswa di salah satu SMA di Tanjung Jabung Timur masih rendah khususnya pada pelajaran fisika. Hal tersebut diakibatkan kurangnya latihan soal yang berkaitan dengan soal-soal tingkat tinggi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor. Dimana dengan menggunakan model tersebut mengajak siswa berfikir kritis dan dapat mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari atau yang ada disekitar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah One Group pretest-posttest design dengan menggunakan sample sebanyak 31 siswa dalam satu kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal Literasi sains. Hasil analisis memperoleh data nilai pretest 32,22 dan data nilai posttes 79,24 dan untuk perhitungan yang diperoleh uji-t adalah 0,8 dengan kategori baik. Dengan demikian bisa dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan Literasi sains siswa di SMA di Tanjung Jabung Timur dalam pembelajaran fisika.
References
Alpian, Y., Anwar, A. S., & Puspawati, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 3(3).
Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436
Creswell, J. W. (2009). Research Design (Quaitative, Quantitative, and Mix Method). In Sage Publication, Inc.
Gita, A., Putra, P., & Bektiarso, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, V.
Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching and Learning). Logaritma, II(01).
Kurniasih, D. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 285. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53345
Latif, M., & Latief, S. (2018). Teori Manajemen Pendidikan: Edisi Pertama. Kencana: Jakarta.
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3).
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.
OECD. (2019). PISA 2018 Results. In OECD Publishing.
Rumiati, Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3570
Rusilowati, A., Astuti, B., & Rahman, N. A. (2019). How to improve student's scientific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1170(1), 012028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1170/1/012028
Safnowandi, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Sains Siswa. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 40–54. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i1.831
Snow, C. E., & Dibner, K. A. (2016). Science Literacy. In C. E. Snow & K. A. Dibner (Eds.), Science Literacy: Concepts, Contexts, and Consequences. National Academies Press. https://doi.org/10.17226/23595
Sussi, Fitriyanti, N., Komariah, A., & Kurniady, D. A. (2019). Active physics learning with contextual teaching learning methods. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(2).
Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A. (2011). Build students' scientific literacy. In Humaniora.
Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311
Yuliati, Y. (2017). Literasi sain dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

