PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1447Keywords:
Problem Based Learning, Problem solvingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (PBL) Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika Siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini, terdapat sampel penelitian sebanyak 45 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimental design dan menggunakan desain the posttest only control group desain. Peneliti menemukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa dalam ranah kognitif. Selain itu, dapat dibuktikan pada analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji test "t” diperoleh thitung sebesar 4,25 dan t tabel pada signifikan 5% sebesar 2,02, maka thitung > t tabel. Demikian ada perbedaan hasil analisis tes antara kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode konvensional. Hasil klasifikasi menggunakan Effect Size yaitu diperoleh nilai ds sebesar 1,19. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa pada mata pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi sebanyak 88 %.
References
Referensi
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Disekolah. In A. Erindi & W. Suhardi (Eds.), Computer Physics Communications (2nd ed., Vol. 180, Issue 4). Unisulla Press. https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005
Anasari, F. (2019). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal di tinjau berdasarkan gender pada materi getaran di SMP. 9–25.
Ardillah. (2019). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sains, 3(1), 52–61.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik (Revisi). Rineka cipta.
Aristawati, D. (2018). Pengaruh Model Poblem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 1–11.
Ayuningrum, D., Mulyani, S., & Susilowati, E. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Protista. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Postgraduate Medical Journal, 53(620), 343–344. https://doi.org/10.1136/pgmj.53.620.343
Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Pendidikan, 29(1), 30. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39
Darwanti, A. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Creative Approach Berbasis Pictorial Riddle Approach Pada Siswa Kelas V Sdn 03 Karangsari Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Dewi, H. (2019). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Berbantuan Evaluasi Quizizz Di Sekolah Bersistem Kredit Semester. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10), 1298–1313.
Fathurrahman. (2020). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas Xi SMA Negeri 10 Banjarmasin Tahun Ajaran 2020/2021 (Issue April). Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Fathurrohman, M. (2006). model-model pembelajaran. In VDI Berichte (Issue 1589, pp. 105–112). 2006. M Fathurrohman - ? Negeri Yogyakarta. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media ?, 2015 - staffnew.uny.ac.id
Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230
Harahap, R. H. D. (2019). Efek pemberian kompensasi terhadap kinerja guru Fisika SMA Swasta di Kecamatan Tanjung Morawa. 3, 1–6.
Herman, N. muthmainnah, & Nurhayati. (2013). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Melalui Kegiatan Praktikum Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 10 Makassar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 6-10321–10335. http://jurnal.pasca.uns.ac.id
Jaya, G. W., Patasik, B., & Yunus, M. (2014). Penerapan Pendekatan saintifik melalui metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tenggarong (materi suhu dan kalor). Saintifika, 16(2), 22–29. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF
Kemendikbud. (2019). Penilaian Kinerja Siswa. In Performance Assessment.
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713
Kurniasih, D., Novia, H., & Jauhari, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Multirepresentasi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 5–11.
Kurniawan, B. R., & Taqwa, M. R. A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1451–1457.
Kusna, N. U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Materi Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas VIII SMPN 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. In Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Salatiga. IAIN Salatiga.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1 .10 (The Influence of the Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI) on the Development of P. Jurnal Exacta, 10(2), 136–139.
Mutoharoh. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. In Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nisa, K., & Istiana, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Nurjan, S. (2015). Psikologi belajar (W. Setiawan (ed.); Revisi). Wade Group.
Nurjannah, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMPN 1 Pante Ceureumen Aceh Barat [Universitas Islam Negeri AR-Raniry Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2597/
Ridwan, M. (2017). Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar [Profile of students' mathematical reasoning ability viewed from learning style]. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193–205.
Sari, D. D. (2012). Penereapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/9174/10/10 BAB I - V.pdf
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (ke-13). Alfabeta, Cv.
Sugiyono. (2016). Metode Penenlitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-24). Alfabeta Cv.
Suharsimi Arikunto, D. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono. (2014). Kemampuan pemecahan masalah fisika pada modeling instruction pada siswa sma kelas xi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 65–78. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2903
Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.
Syam, M., & Haryanto, Z. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 2. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/42%0Ahttps://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/download/42/44
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu (Ke 3). PT Bumi Aksara.
Wardani, H. kusuma. (2013). Perbedaan Hasil Pembelajaran IPA antara Pembelajaran Modul Bagian dengan Pembelajaran Konvensional Kelas IV di SDN Jodipan Kota Malang. 1, 77–78.
Wiyatmo, Y., Mundilarto, Suharyanto, & Widodo, E. (2010). Efektivitas Bimbingan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Uny. Penelitian, 2(1), 405–414.
Wulandari, N. I., Wijayanti, A., & Budhi, W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, XIII(1), 2372–2377.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

