PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1437Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Penguasaan KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan metode Quasi Experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa tes uraian. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster random sampling. Peneliti menemukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika siswa. Berdasarkan pengolahan data analisis uji manova pada kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika siswa diperoleh nilai signifikan 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu kenaikan nilai rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
References
Referensi
Agustina, K., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PheT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (J)PFT, vol.6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1514
Ana Jayanti, B. D. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Barru. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, April, hal 23–28. https://doi.org/Website:http://ojs.unm.ac.id
Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (Lks) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, vol.3(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.13
Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, vol. 4(2), hal 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.
Dewi, C., Utami, L., & Octarya, Z. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Journal of Natural Science and Integration, vol. 3(2), hal 196–204.
Hariyadi, D., Rahayu, S., Universitas, P. D., & Malang, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses Dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, hal 1567–1574.
Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, vol. 2(2), hal 79–84. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design. 27(2), hal 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619.
Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol.10, hal 36–46. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049
Kusdiastuti, M., Harjono, A., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, vol.II(3), hal 116–122.
Lia Nurmayani, Aris Doyan, N. N. S. P. V. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, vol.4(1).
M. Hajirin, W. S. I. G. A. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), hal 63–74.
Murni, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Action Research,vol. 1, hal 57–62.
Rahmi Maiyunda Sari, Rusdi, D. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, Vol.3(1), hal 31–39.
Rasulun Iman, Ibnu Khalidun, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), hal 52–58. https://doi.org/http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Sari Wahyuni Rozi, S.Pd., M. P. (2018). Penerapan Model Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), hal 1–5.
Sukma, Laili Komariyah, M. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol.18, hal 59–63. https://doi.org/http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF.
Sulasmi, Agustianasari, E. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), vol.3(3), hal 112–122. https://doi.org/http://semnas.tsb.ac.id/index.php/semnastsb2019/index.
Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, Vol.4(2), hal 149–161.
Susilawati, S., Rahman, A. H., & Fitriyanto, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, Vol.2, hal 5–9. https://doi.org/http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/quark.
Wahyuni, S., Kosim, K., & Gunawan, G. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, Vol.4(2), 240. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.891
Wulan, D. D., & Sungkowo, B. T. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri I Lawang pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, Vol.1(7), hal 570–577. https://doi.org/10.17977/um067v1i7p570-577.
Yono Edy Kristanto, H. S. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran,Vol.22, hal 100–102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

