PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Authors

  • Arif Wiratama Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1330

Keywords:

Cooperatif, Question student have, aktivitas dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi, dan revisi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa secara individu dimana pada proses pengamatan, peneliti dibantu oleh pengamat lain agar hasil pengamatan lebih obyektif, dan penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan lembar soal objektif. Peningkatan aktivitas belajar siswa terlihat pada persentase rata – rata aktivitas siswa pada siklus I, II dan III. Hasil persentase Aktivitas pada siklus III sebesar 72,06% dengan hasil belajar 69%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor di kelas X MIA 1.

References

Ahmadi, Abu.1997.Strategi Belajar Mengajar.Semarang: Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Creswell, JohnW &Vicki L. Piano Clark. Designing and Conducting: Mixed Methods Research.London: Sage Publications, 2007.

Hamalik, Oemar.2001.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi Aksara

Kanginan, Marthen.2007. Fisika untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Kurniasih, Imas, dkk.2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya:Kata Pena

Purwanto.2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putra, de Juma.2013. Inspirasi Mengajar Harvard University.Yogjakarta: Diva Press

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sardiman, A.M.2008. Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. (2022). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(1), 47-51. https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1330