PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1330Keywords:
Cooperatif, Question student have, aktivitas dan hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi, dan revisi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa secara individu dimana pada proses pengamatan, peneliti dibantu oleh pengamat lain agar hasil pengamatan lebih obyektif, dan penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan lembar soal objektif. Peningkatan aktivitas belajar siswa terlihat pada persentase rata – rata aktivitas siswa pada siklus I, II dan III. Hasil persentase Aktivitas pada siklus III sebesar 72,06% dengan hasil belajar 69%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor di kelas X MIA 1.
References
Ahmadi, Abu.1997.Strategi Belajar Mengajar.Semarang: Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Creswell, JohnW &Vicki L. Piano Clark. Designing and Conducting: Mixed Methods Research.London: Sage Publications, 2007.
Hamalik, Oemar.2001.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi Aksara
Kanginan, Marthen.2007. Fisika untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
Kurniasih, Imas, dkk.2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya:Kata Pena
Purwanto.2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Putra, de Juma.2013. Inspirasi Mengajar Harvard University.Yogjakarta: Diva Press
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sardiman, A.M.2008. Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Physics and Science Education Journal (PSEJ)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

