LEARNING METHOD OF THE EARLY CHILDHOOD IN PERSPECTIVE OF ISLAMIC EDUCATION (Study of the Book Tarbiyat Al Aulad Fi Al Islam)
Keywords:
metode pembelajaran, pendidikan anak usia dini, pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dengan cara kepustakaan. Teknik pengolahan data dengan cara editing, organizing, dan penemuan hasil penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian pustaka ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini tentang (1) pengertian metode pembelajaran anak usia dini, (2) Macam-macam metode pembelajaran anak usia dini meliputi metode global, metode percobaan, metode learning by doing, metode home schooling group, metode Glenn Doman. (3) Manfaat metode pembelajaran anak usia dini yaitu mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkembangannya, mengenalkan anak pada dunia sekitar, mengembangkan nilai-nilai sosial anak, mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya. (4) Metode pembelajaran anak usia dini dalam perspektif islam meliputi metode keteladanan, metode latihan dan pengamalan, metode bermain, bernyanyi, bercerita. Metode targhib dan tarhib, metode pujian dan sanjungan, metode menanamkan kebiasaan yang baik
References
Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyat al-Aulad Fi al-Islam, Terj. Jamaluddin Miri, Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 1995.
Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan di Masyarakat. Semarang: Diponegoro,1989.
Abdurrahman Ginting, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora, 2008.
Abidin Ibnu Rusn, Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prastya, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2005.
Al Imam abul Fida Ismail Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi, Tafsir Al Qur’an al-‘Ażīm, terjemahan Bahrum Abu Bakar, Tafsir Ibnu Kaśīr juz 11. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2003.
…………, Tafsir Al Qur’an al-‘Ażīm, terjemahan Bahrum Abu Bakar, Tafsir Ibnu Kaśīr juz 12. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2003.
Al-Baidhawi, Tafsir Baidhawi, (https://www.Altafsir.com) Juz 5.
Ann Miles Gordon and Kathryn Williams Browne, Beginning and Beyond: Foundation in Early Childhood Education. New York: Delmar Publishing Inc., 1985.
Bobby Deporter dan Mike Hernacky, Quantum Learning. Bandung: Kaifa, 1999.
B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Dimyati dan Modjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Irawati Istadi, Istimewakan Setiap Anak. Bekasi: Pustaka Inti, 2005.
…………, Mendidik Dengan Cinta. Bekasi: Pustaka Inti, 2006.
John Dworetzky P., Introduction to Child Development. New York: Wesk Publishing Company, 1990.
John M. Echols dan Hasan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris, Edisi ketiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 1992.
Krippendrof Klaus, Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi, terj. Farid Wajidi, Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press, 2013.
Lembaran Negara, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 Tahun 2003.
M. Nazir, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2007.
Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid, Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyah Lith Thifl. Terj. Farid Abdul Aziz Qurusy, Prophetic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media, 2010.
Muhammad Zuhaili, Al Islam Wa Asy Syabab, Terj. Arum Titisari, Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini. Jakarta: AH. Ba’adillah Press, 2002.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka, 1984.
Zakiyah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: BumiAksara, 1995.








