DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAUD belum mengarah pada pembelajaran berbasis STEAM dengan menggunakan media Loose Parts yang benar sehingga kegiatan pembelajaran monoton dan belum mampu mengarahkan peserta didik untuk menguasai keterampilan. Permasalahan pembelajaran dalam menghasilkan peserta didik yang creativity, communication, collaboration dan critical thingking masih sangat terbatas terutama di PAUD. Permasalahan itu terlihat dengan capaian perkembangan anak ketika proses pembelajaran berlangsung kreativitas terbatas, anak memiliki kemampuan komunikasi rendah serta mengemukakan pendapat dari hasil berkelompok masih rendah. Hal ini diakibatkan masih dominan peran guru dalam pembelajaran dan membatasi kreativitas anak dengan menyediakan media pembelajaran kurang bervariatif karena menggunakan lembar kegiatan yang tersedia di sekolah saja. Pemilihan penggunaan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) menggunakan media loose parts dipilih dengan alasannya adalah selaras dengan pendidikan dimana keterampilan berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan berkomunikasi terasah dengan bermain.
References
Anggito, Albi, dan Setiawan, Johan, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Casey, Theresea & Juliet Robertson. 2016. Loose Parts Play. Inspiring Scotland.
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahannya (Bandung: Diponegoro, 2010)
Iskandar, Harris, 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Kim., H., & Chae., D.H. (2016). The Development and Application of a STEAM ProgramBased on Tradisional Korean Culture. Eurasia Journal of Mathematics & Science & Technologi Education, 2016, 12 (7), 1925-1936.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan anak usia dini dalam pendidikan masyarakat, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018
Martinis Yamin dan Jamilah Sabran, Panduan Paud (Jakarta: Gaung Persada Press Group, 2013), 18.
Munawar., M., Roshayanti. F.,& Sugiyanti. (2019). Implementation Of STEAM (Science Technology Enggineering Art Mathematics)- Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. Jurnal Ceria; ISSN: 2614- 6347, Vol. 2, No.5. September 2019.
Munawar, Muniroh dkk. 2019. Implementation Of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics)- Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. Jurnal Ceria. Vol. 2 No. 5: 277-278
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam menghadapai Tantangan Abad -21, Surakarta, 22 Oktober 2016.
Purnamasari. Nia. I.(2019). Komparasi Konsep Sosiokulturalisme Dalam Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Volume 9, No.2 (2019)
Redhana, I. W. ( 2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi pendidikan Kimia, Vol.13, No.1; 2019; 2239-2253
Sadiah. N.H., & Lestari., R.H. (2020).Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak usia Dini Melalui Pembelajaran STEAM. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) ISSN: 2614-6347, Vol.3. No.3. Mei 2020.
Sani, Abdullah, Ridwan, 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tanggerang : Tira Smart.
Siantajani,Y. 2020. Loose Parts. Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang; PT sarang Seratus Aksara.
Sujiono, Nurani, Yuliani, 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146, 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta :
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta :
Siti Aisyah. 2018. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Jakarta : Universitas Terbuka. h. 11.
Susanto, Ahmad, 2011.Perkembangan Anak Usia Dini :Pengantar dari berbagai aspek. Jakarta : Kencana
Titania Widya Prameswari, dan Anik Lestariningrum, 2020. STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years. Jurnal : Efektor, Volume 7 Issue 1, 2020, Pages 24–34.
TK Handayani III Kec. Sungai Gelam Kabupaten muaro jambi, 2020
Diane trister dodge, laura J. Colker, Cate Heroman, 2019, the creative curriculum for presschool, bay teaching staategies, Ince, washingtong. DC
Wahyuningsih, Siti dkk. 2020. Efek Metode STEAM Pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4: 295-301
Wulandari, Yogi, Primatia, 2016. Anak Usia Dini: Perkembangan dan Pendidikan Kognitif. Jakarta : Kencana
Yakman, G., & Lee,H. (2012). Exploring The Exemplary STEAM Education In The U.S as a practical educational framework for Korea. Journal of The Korean Association for Scence Education, 32(6), 1072-1086.
Yennizar, Dkk (2019). Lesson study pada tataran PAUD :Kebumen, CV Instishar Publishing








