PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA REVOLUSI DIGITAL (REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0)
Keywords:
Pendidikan Islam, Revolusi Industri4.0, Society 5.0Abstract
endidikan Islam pada saat ini dihadapkan pada tantangan yang sangat besar, belum usai dengan bergulirnya era revolusi industri 4.0, kita dikejutkan lagi dengan munculnya society 5.0 yang harus dihadapi dan menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan Islam. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa era 4.0 membawa dampak yang luas dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Era yang melahirkan fenomena disruption ini menuntut dunia pendidikan Islam untuk turut menyesuaikan diri. Lulusan pendidikan Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap sistem, tata kelola, kurikulum, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, budaya, etos kerja, dan lain-lain. Jika tidak demikian, pendidikan Islam akan semakin tertinggal dan usang. Oleh karena itu, perlu dicari langkah-langkah kongkrit bagi pendidikan Islam agar mampu tetap bersaing di era disrupsi ini. Langkah solutifnya adalah dengan turut mendisrupsikan diri. Hal tersebut dimaksudkan agar pendidikan Islam tidak ketinggalan selain itu juga sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas dalam pendidikan islam di era disrupsi. Selain itu, pendidikan Islam harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan untuk bisa berfikir secara kritis, dan kemampuan untuk berkreativitas dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan dari munculnya era society 5.0. Pendidikan islam dalam menghadapi era society 5.0 harus tersedianya sumber daya yang memadai dalam dunia pendidikan seperti guru, dosen maupun tenaga pendidikan lainnya
References
Arifin, M. 1987. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.
Arifin, Muhammad. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Brooks, Gavin. and Simon Bibby. 2013. The Journal Of Literature In Language
Teaching, Vol. 2, ISSN: 2187-722X
Dewey, John. 1964. Democracy and Education: An introduction to The Philosophy of Education. New York: The Macmillan Company.
Djazaman, Mohammad. 2009. Konsep Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. Volume 1.
Fadjar, A. Malik. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.
-----. Diakses pada tanggal 9 Maret 2021. http://www.republika.co.ic/koran_
detail.asp?id=66060&kat_id85&kat_id1=&kat_id2=.
Hussin, Anealka Aziz. 2018. Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education & Literacy Studies, 6 (3), 92-93.
Kasali, Rhenald. 2017. Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum
Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup” Menghadapi Lawan-Lawan Tak
Kelihatan dalam Peradaban Uber. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Langgulung, Hasan. (1988). Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Muhaiman. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhroqib. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKIS.
Polya, G. 1973. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.
Purwanto, Edy. 1999. Desain Teks Untuk Belajar “Pendekatan Pemecahan Masalah”. Jurnal IPS dan Pengajarannya. 33 (2) hal 284.
Rahman, Arif. 2019. Pendidikan Islam di Era Industri 4.0. Depok: Komojoyo Press.
Rojko, Andreja. 2017. Industry 4.0 Concept: Background and Overview. ECPE European Center for Power Electronic e.V. Vol. 11. Nuremberg: Germany.
Sajadi, Maryam., Parvaneh Amiripour, Mohsen Rostamy Malkhalifeh. 2013. The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability Under Efficient Representation Aspect. (International Scientific Publications and Consulting Services. Journal of Mathematics.
Semiawan, Conny R. 1999. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Zuhairini. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.








