REINTERPRETASI PAHAM KAPITALIS DAN SOSIALIS DALAM PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM YANG RELIGIUS-HUMANIS

Authors

  • Sutrisno Sutrisno Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Haidir Haidir Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M. Efendi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rahmi Lestari Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Kapitalisme, Sosialisme dan Pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis ulang paham kapitalis dan sosialis dan menformulasikan ke dalam paradigma Pendidikan Islam yang religius dan humanis sebagai jalan tengah dan kompromi atas perbedaan pemikiran antara kapitalisme dan sosialisme yang mempengaruhi dunia Pendidikan di era globalisasi. Pendekatan analisis dengan menggunakan kajian literatur-literatur kepustakaan (Library Research), jurnal dan website. Hasil analisis, bahwa sistem kapitalis yang dipengaruhi oleh semangat mendapatkan keuntungan maksimal dengan memberikan kebebasan persaingan dalam segala hal termasuk Pendidikan telah merubah orientasi dasar filosofis lembaga pendidikan, termasuk lembaga pendidikan Islam, dari sekedar menjadi penyedia jasa pasar kerja sampai mencari modal dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Padahal dalam Islam terdapat larangan monopoli dan dan berlebih-lebihan dalam menumpuk harta yang hanya akan memunculkan klaster orang atas dan bawah. Begitu juga dengan paham sosialis yang mengedepankan persamaan, keadilan, membela kaum lemah, penghapusan hak pribadi atas alat-alat produksi, sebenarnya tidak ada masalah dengan konsep Islam, akan tetapi yang membedakan adalah cara yang ditempuh dalam mewujudkan cita-ciat sosialisme itu sendiri. Untuk mengkompromikan dua paham ini perlu ditempuh paradigma Pendidikan Islam yang religius dan humanis, guna mewujudkan Pendidikan Islam yang memanusiakan manusia dan berkarakter religius. Sebagaimana tujuan Pendidikan utama dari Pendidikan Islam yaitu menghantarkan peserta didik menuju insan kamil dan menjadi kholifah di muka bumi yang Rahmatan lil ‘Alamin

References

Achmadi, 2005, Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

An-Nadwi, Mas’ud, 1983, Islam dan Sosialisme, Risalah, Bandung.

Arifin, M., 2000, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta.

Armando, Nina M, 2005, Ensiklopedi Islam, Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta.

Ash-Shidiqy, M. Hasybi, 1965, Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nu, Juz I, Bulan Bintang, Jakarta.

Az-Zarnuji, Asy-Syekh, tt, Daru Ihya’ al-Kitab al-‘Arabiyah, Indonesia.

Darmaningtyas, 2004, Pendidikan yang Memiskinkan, Galang Press, Yogyakarta.

Darwis, Jamaluddin, 2001, Dinamika Pendidikan Islam, dikutip dari buku Paradigma Pendidikan Islam, Pustaka Religius, Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi keempat, Gramedia, Jakarta.

Esposito, Jhon L, 1984, Islam dan Pembaharuan, Rajawali, Jakarta.

Fadjar, Malik, 1999, Reorientasi Pendidikan Islam, Yayasan Pendidikan Islam Fajar Dunia, Jakarta.

Fakih, Mansour, 2001, Sebuah Pengantar Komodifikasi Pendidikan Sebagai Ancaman Kemanusiaan, Insist Press, Cindelaras, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Hamka, 1982, Tafsir Al Azhar, Juz I, Pustaka Panji Mas, Jakarta.

Jalaluddin, 2001, Teologi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kahmad, Dadang, 2002, Sosiologi Agama, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Khobir, Abdul, 2010, Islam dan Kapitaisme, RELIGIA Vol. 13, No.2. http://e-journal.iainpekalongan.c.id/index.php/Religi/article/download/183/545.

Kuntowijoyo, 1991, Paradigma Islam; Interpretasi Untuk Aksi, Mizan, Bandung.

Langgulung, Hasan, 1995, Manusia Dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan, PT. Al-Husna Dzikra, Jakarta.

Ma’arif , Ahmad Syafii, 1985, Islam dan Masalah Kenegaraan, LP3ES, Jakarta.

Magnis-Suseno, Franz, 2001, Pemikiran Karl Marx, Dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mannheim, Karl, 1991, Sosiologi Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya.

Mas’ud, Abdurrahman, 2008, Pengantar dalam Tobroni, Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas, UMM Press, Malang.

Murningsih, Rochiyati, 2005, Sistem Ekonomi; Telaah Kapitalis, Sosialis Dan Islam, Jurnal Studi Islam, Vol. II, No.2.

Muthahari, Murtadlo, Mas’ale-Ye Syenokh, pentj. Muhammad Jawad Bafaqih, 2001, Mengenal Epistemologi, Lentera, Jakarta.

Nanji, Azim, 2003, Peta Studi Islam: orientalisme dan Arah Baru Kajian Islam di Barat, Fajar Pustaka Baru, Yogyakarta.

Nizar, Samsul, 2002, Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Ciputat Pers, Jakarta.

Poerwadarminta, 1976, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Prasetyo, Eko, 2003, Kiri Islam; Jalan Menuju Revolusi Sosial, Insist Press, Yogyakarta.

Preiere, Paulo, 1991, Pendidikan kaum tertindas, LP3ES, Jakarta.

Quthb, Sayyid, 1993, Al-Adalah al-Ijtima'iyyah fî al-Islam, Dar al-Syuruq, Mesir. http://www.sinaimesir.com.

Rahman, Arif. dkk,. 2009. Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0, Komojoyo Press, Depok.

Ridha, M. Rasyid, Tafsir Al-Manar, Beirut-Libanon, tth.

Risky, Awalil, 2007, Agenda Neoliberalisme Mencengkeram Perekonomian Indonesia, UCY Press, Yogyakarta.

Shihab, M. Quraish, 2000, Tafsir Al-Misbah, Lentera Hati, Jakarta.

Sofwanudin, 2004, Kapitalisasi Pendidikan Islam Sebuah Keharusan, EDUKASI, VOL II, NO. 2.

Solomon, Robert C, dan Kathleen M. Higgins, 2002, Sejarah Filsafat, terj. Saut Pasaribu, Yayasan Bentang Budaya, Yogyakarta.

Sutiyono, Agus, 2009, Sketsa Pendidikan Humanis Religius, Jurnal Insania, Vol. 1, No. 2.

Syari’ati, Ali, 1993, Humanisme dalam Islam, Terj. Hamidy. Bulan Bintang, Jakarta.

Tjokroaminoto, HOS, 2003, Islam dan Sosialisme, TriDe, Yogyakarta.

Turner, Bryan S, 2000, Marxisme dan Revolusi Sosial dalam Islam, Nuansa, Bandung.

Wibisono, Jusuf, 2012, Islam dan Sosialisme, Bulan Bintang, Jakarta.

Winardi, 1996, Kapitalisme versus Sosialisme: Suatu Analisis Ekonomi Teoretis, CV. Remadja Karya, Bandung.

Downloads

Published

2021-12-30