UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK LABORA ISLAM KABUPATEN MUARO JAMBI
Keywords:
Karakter, Sopan Santun, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hambatan yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter sopan santun, mendeskripsikan solusi dalam mengtasi hambatan tersebut, dan mendeskripsikan upaya guru kelas dalam pembentukankarakter sopan santun peserta didik kelas dua. Penelitian ini dilakukan di TK Labora Islam kabupaten Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Upaya yang dilakukan guru kelas dua TK Labora Islam Kabupaten Muaro Jambi dalam pembentukan karakter sopan santun adalah memberi pengertian untuk selalu menghargai orang yang lebih tua, menegur anak yang berbicara tidak sopan, memberi contoh tindakan sopan santun, kepada peserta didik sebelum pelajaran dimulai.2) hambatan yang dihadapi guru dalam pembutan karakter adala kurang rasa percaya diri pada peserta didik, kurangnya perhatian dari orang tua dan guru harus lebih sabar dalam menghadapai peserta didik. 3) Solusi yang dilakukan guru kelas yaitu mengajari anak dengan penuh kasih sayang dan perhatian karena sebagai guru sudah sewajarnya menjadi contoh yang baik bagi peserta didiknya
References
Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta
Alwi, Hasan, dkk, 2003, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Amin, Ahmad, 1975, Etika (Ilmu Akhlak), (Jakarta: Bulan Bintang
Arumsari, Mila Silvy, 2014, “Peran Guru dalam membentuk karakter peserta didik dalam pembelajaran Sains di MI Al Huda Yogyakarta”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Azzet, Akhmad Muhaimin, 2013, Urgensi Pendidikan Karakter DiIndonesia, Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Damayanti, 2012, Buku Pintar Panduan Bimbingan Konseling, Yogyakarta :Araska
Danim, Sudarwan, 2010, Profesional dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta
Damayanti, Deni, 2014, Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah, Yogyakarta: Araska
Gunawan, Imam, 2013, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara,
Koesoema, Doni, 2012, Pendidikan Karakter (Utuh dan Menyeluruh), Yogyakarta: PT Kanisius
Lexy J. Moleong, 2013, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Margono, 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Prayitno, 2011, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan Dan Konseling di Sekolah, Jakarta : PT Rineka Cipta
Rusmini, 2012, “Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Peserta didik Di SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin” Thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Lambung Mangkurat
Sugiyono, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Wahyudi & I Made Arsana, 2014, “Peran Keluarga Dalam Membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis Kabupaten Pamekasan” Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Nomor 2 Vol 1 tahun 2014, hal 290-304








