PENGARUH KEPRIBADIAN DAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEAKTIFAN PENINGKATAN KUALITAS MENGAJAR GURU DI SEKOLAH

Authors

  • Jalaluddin Jalaluddin Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ramlah Ramlah Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Saiful maghfuri Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Kepribadian guru, Manajerial Kepala Sekolah, Kualitas Mengajar

Abstract

tahun. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengupas Kembali dengan pembuktian dari beberapa sumber penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni litertur review deskriptif, yang mana mengambil pedoman dari beberapa penelitian yang telah dilaksanakan sebelumnya, kemudian dipaparkan dalam bentuk artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepribadian dan manajerial kepala sekolah terhadap keaktifan guna meningkatkan kualitas mengajar guru disekolah. Hal ini saling berkaitan satu sama lainnya. Dengan artian jika beberapa komponen tersebut tidak terlaksana daengan baik, maka akan sulit membangun kualitas pendidikan yang baik pula di sekolah

References

Armstrong, M. (2009). Armstrong’s handbook of management and leadership : a guide to managing for results. Philadelphia: Kogan Page Limited

Boddy, D. (2008). Management an introduction. London: Prentice Hall

Cece Wijaya dan A. Tabrani Rusyan. (1994). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Dwi Sunar P. (2008). Membaca Kepribadian Orang. Jogjakarta: THINK

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 14(2).

Ernie Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah. 2008. Pengantar Manajemen. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Haidir. (2012). Standar Kompetensi Dan Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pendidikan. Medan: Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara.

Muchlas Samani. (2008). Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia, (Jakarta, Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia(SIC)

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Serifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, A., & Jurusan, P. L. B. (2011). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral bagi Generasi Penerus. Jurnal kependidikan: insania, 16(2), 119-134.

Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Priansa, D. J. dan Rismi, S. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV Alfabeta.

Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok GRAMEDIA

Sagala, Syaiful. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Siregar, N. S. S. (2017). Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 11-27.

Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yukl, G. (2010). Leadership in Organization. Seventeenth Edition Upper Saddler River. New Jersey: Person.

Downloads

Published

2021-12-30