MEMBANGUN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA MAIN PERAN
Keywords:
Sentra main peran, Moral anakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan moral anak usia dini melalui bermain peran pada pembelajaran berbasis sentra main peran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Permata Bunda Desa Mendalo darat Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus melalui action research menggunakan rancangan Kemmis. Setiap siklus berlangsung dengan tiga kali pertemuan yang menggunakan empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman serta instrument pengumpulan data berupa angket skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moral anak usia dini dapat ditingkatkan melalui pemelajaran berbasis Sentra bermain peran. Peningkatan ini terlihat dari skor yang diperoleh peserta didik dari angket yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran menunjukan hasil yang sangat baik. dimana perolehan skor sebelum tindakan untuk komponen moral Individu 65%, Moral Religi 70% dan Moral Sosial sebesar 66,67%, sedangkan setelah tindakan di siklus satu meningkat menjadi moral Individu 73,33%, Moral Religi sebesar76,67% dan Moral Sosial sebesar 78,33%, dan pada siklus dua meningkat kembali menjadi Moral Individu sebesar 90%, Moral Religi 93,33% dan Moral Sosial 96,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis sentra main peran, sangat efektif meningkatkan moral anak usia dini. melalui empat pijakan.
References
Adler. 1974. Membangun Harga Diri Anak. Yogyakarta: Kanisius
Elizabeth, Hurlock. 1997. Pengembangan Anak (Jilid 1). Jakarta: Erlangga
Ifa H. Misbach, Peran Permainan Tradisional yang Bermuatan Edukatif dalam Menyumbang Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa” (Laporan Penelitian Jurusan Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia, 2006).
Santrock, Jhon. W. 2007. Perkembangan Anak (Jilid 2). Jakarta: Erlangga
Slamet Suyanto, Dasar








