URGENSI PAUD SEBAGAI DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA
Keywords:
Urgensi lembaga PAUD, Pembentukan karakter AnakAbstract
Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bahkan sangat diperhitungkan dalam tumbuh kembang seorang anak. Pendidikan merupakan eksistensiĀ sebuah peradaban yang bertujuan untuk memajukanĀ suatu bangsa. Dengan pendidikan tersebutlah generasi penerus akan terbentuk dengan tangguh. Pada dasarnya anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus selalu diarahkan dan dimotifasi.
Lembaga PAUD merupakan salah satu kunci yang sangat penting dalam pembentukan karakter seorang anak. Dimana sebagai generasi penerus, lembaga PAUD ini merupakan dasar dari segala bentuk pendidikan terhadap anak. Dari paud inilah maka akan tercipta pola, pemikiran, karakter, akhlak dan moral, serta kemandirian terhadap seorang anak dan dari PAUD inilah akan mempengaruhi perkembangan kognitif, social dan kemampuan anak dalam beradaptasi terhadap lingkungan.
Rancangan ini dimaksudkan untuk mengetahui urgensi PAUD apakah lembaga PAUD ini sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter seogang anak, selain itu apa saja pandangan masyarakat terkait eksistensi lembaga PAUD di Indonesia. Artikel ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif pengetahuan mengenai urgensi PAUD di Indonesia, dan sebagai upaya untuk mengetahi pembentukan karakter seorang anak dari lembaga PAUD tersebut
References
Ihsana El-Khuluqo.2015. Manajemen PAUD. Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Masitoh dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta:
Siti Aisyah dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: universitas Terbuka.
Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Indeks.UU No. 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Visimedia UU No. 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Jakarta:Visimedia.
Novan Ardy Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Conny Semiawan. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini: pendidikan Prasekolah dan Dasar. Jakarta:Prenhalindo
Elizabeth G. Hainstock. 1999. Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.
Wikipedia. Tersedia:http://www.Otak - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.htm [22-03-2013.]
Agus Surono. Tersedia:http://www.Tiga tahap perkembangan otakIntisari Online.htm [Tiga Tahap Perkembangan Otak. [19-07- 2011]
John W Santrock. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 2007.
Ali, Mohammad. (2009) Pendidikan untuk PembangunanNasional.Jakarta: Imtima. Hartati, Sofia. (2005) Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta:Depdiknas.
Suyanto, Slamet (2005) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sumantri, MS. (2005) Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009)Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Tedjasaputra, Mayke S.(2007)Pendidikan yang Memperhatikan Kesejahteraan Anak.Makalah yang disampaikan pada Festival Seminar Pendidikan yang diselenggarakan Intipesan di Hotel Kartika Chandra, 21 Juni 2007.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.








