Kinerja Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Membina Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Batam
Keywords:
Kinerja kepala Madrasah, Supervisor, Profesionalisme GuruAbstract
Manajemen pendidikan Islam merupakan manajemen kelembagaan Islam yang bertujuan untuk menunjang perkembangan dan penyelenggaraan pengajaran dan pembelajaran. Dengan demikian manajemen pendidikan Islam berkaitan erat dengan penerapan hasil berfikir rasional untuk mengorganisasikan kegiatan yang menunjang pembelajaran. Tujuan penulis melakukan penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 ialah untuk mengetahui kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Batam dan untuk mengetahui Faktor penghambat dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Batam . Dalam penelitian ini data yang diperoleh akan di analisa dengan menggunakan tekhnik presentase rata – rata kualitatif karena penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik, wawancara dan dokumentasi. Dalam meningkatkan mutu pendidik diperlukannya pengembangan keterampilan, rasa tanggung jawab, semangat dalam menjalankan tugas dan intelektual, guna membantu dalam membimbing peserta didik untuk meraih prestasi yang ingin di raih. Kepala sekolah juga harus dapat membantu untuk meningkat kualitas pendidik. Seorang pendidik sangat di perlukan untuk mengikuti pelatihan – pelatihan yang dapat meningkatkan profesionalisme dalam pekerjaannya . Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan selama 4 bulan menunjukan bahwa Kinerja Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam membina peningkaatan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Batam menunjukkan bahwa setiap kebijakan kepala madrasah hampir keseluruhannya telah dilaksanakan namun ada beberapa kebijakan yang belum dilaksanakan dikarenakan beberapa hambatan salah satunya penelitian kelas tak terlaksanakan di karenakan masalah waktu yang tidak mencukupi guru untuk melaksanakan penelitian kelas, Sedangkan kinerja kepala madrasah yang terlaksana ialah seperti persiapan awal guru – guru dalam menyusun buku guru dan adminstrasi lainnya berjalan dengan baik, kemudian evaluasi kinerja guru yang di lakukan oleh kepala madrasah untuk mengevaluasi kembali permasalah yang terjadi di pelaksanaan kinerja guru berjalan baik dengan arahan yang di berikan oleh kepala madrasah dalam mengatasi permasalah tersebut. untuk mengatasi faktor penghambat kebijakan kepala madrasah ialah diperlukannya komunikasi yang baik antara kepala madrasah dengan guru – guru
References
Akhmad Muhaimin Azzet, Menjadi Guru Favorit,Jogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2011 .
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Umum, 2012 .
Dian mustikawati, Upaya Sekolah meningkatkan kualitas guru di sekolah menengah atas negeri sekabupaten sleman, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.
Djunaidi Ghony, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2012 .
Fred David, Manajemen Strategis Konsep, Jakarta : Salemba Empat, 2009 .
Fristiana Irina, Dasar – dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta : Parama Ilmu, 2016 .
Hamdaini, Kiat Menjadi Guru atau Dosen Profesional Berprestasi, Banjarbaru : Penakita Publisher, 2017 .
Hariwijaya, Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi, Yogyakarta : Parama Ilmu, 2015 .
Haryono Muayyanah, Strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMPN 1 Sangatta Utara, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana STAI Sanggatta, 2016 .
Imam Machali, The Handbook of Education Management, Jakarta : Prenamedia Group, 2016 .
Kompri, Manajemen Pendidikan,Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2015 .
Mahmud Khalifah, Menjadi Guru Yang Dirindukan, Surakarta : Ziyad Visi Media, 2009 .
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2011 .
Moch Yoesoeb, Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu guru pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Al-Hikmah Sukomanunggal Surabaya, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Sunan Ampel Surabaya, 2010. \\h
Noer Rohmah, Pengantar Manajemen Pendidikan, Malang : Madani, 2015 .
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2008 .
Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter, Depok : Indonesia Heritage Foundation, 2016 .
Ratu Ile Tokan, Manajemen Penelitian Guru, Jakarta : Grasindo, 2016 .
Risky Setiawan, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Nuha Media, 2017 .
Rohiat, Manajemen Sekolah, Bandung : PT.Rafika Aditama, 2012 .
Setiawan Hari Purnomo, Manajemen Strategi, Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1999 .
Suharsimi Arikanto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2002 .
Supriyadi, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya : Jaya Ilmu, 2011 .
Taufik El Rahman, Tips Menjadi Guru Kreatif Inovatif, Banjarbaru : Penakita Publisher, 2016 .
Tim Dosen STAI Ibnu Sina, Diktat Metodologi Penelitian,Batam : STAI IBNU SINA, 2005 .
Tim Dosen STAIN SAR KEPRI, Pedoman penulisan Karya Ilmiah, Tanjung Pinang : STAIN SAR KEPRI, 2017 .
Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung : Rosda Karya, 1990 .








