AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN
Keywords:
Al-Qur'an, PendidikanAbstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengungkap Al-Qur’an sebagai sumber pendidikan yang bersifat universal serta continue. Al-Qur’an yang hingga kini tetap terjaga eksistensinya sebagai bahan rujukan dalam berbagai bidang keilmuan terus menjadi kajian yang senantiasa banyak dilakukan penelitian terhadapnya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan Al-Qur’an sebagai sumber pendidikan. Adapun hasil yang diperoleh dalam penulisan ini adalah adanya metode Al-Qur’an dalam menyajikan materi yaitu dalam bentuk tersurat maupun tersirat. Selain itu, Al-Qur’an juga menjadi landasan pendidikan untuk sepanjang hayat.
Keyword: Al-Qur’an, Pendidikan
References
Abd Rozak, Alquran, Hadis, Dan Ijtihad Sebagai Sumber Pendidikan Islam, Fikrah: Journal Of Islamic Education, Vol. 2 No. 2 Desember 2018
Abdul Hayy Al-Farmawi. 1994. Metode Tafsir Maudhu’i, RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Ahmad Atabik, Konsep Penciptaan Alam, Jurnal Fikrah, Vol. 3, No. 1, Juni 2015
Amroeni Drajat. 2017. Ulumul Qur’an, Kencana, Depok.
Anhar Ansyory. 2012. Pengantar Ulumul Qur’an,Lembaga Pengembangan Studi Islam Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Creswel, John. W. 2018. Research Design, Sage Publication, Los Angeles.
Eka Prasetiawati, Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an
Perspektif Muhammad Quraish Shihab, Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 5, Nomor 1 : Februari 2017
M. Quraish Shihab.1998. Membumikan Al-Qur’an, Mizan, Bandung.
Sandu Siyoto. 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Literasi Media Publishing, Yogyakarta.
Sumadi Suryabrata. 2018. Metodologi Penelitian, : PT Raja Grafindo Persada, Depok.
Wawan Wahyudin, Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam (Kajian Tafsir Tarbawi), Saintifika Islamica Jurnal Kajian KeislamanVolume 3No. 2 Juli–Desember 2016
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian, Alfabeta, Bandung.








