MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI 5 – 6 TAHUN MELALUI MEDIA ORIGAMI DI TK AL-IKHLAS TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI
Keywords:
Kreatifitas anak, media origamiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini 5–6 melalui media origami di TK Al-Ikhlas Tangkit Baru. Latar belakang penelitian ini adalah pada saat survey awal telah ditemukan bahwa kreatifitas anak di TK Al-Ikhlas Tangkit Baru belum tampak secara optimal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui media origami. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di Al-Ikhlas Tangkit Baru yang berjumlah 22 anak yang berusia 5 sampai 6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Adapun tehnik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa lembaran observasi check list. indikator keberhasilan dalam penelitian ini minimal 75 % dari 22 anak memiliki keterampilan motoric halus dengan kriteria baik. Penelitian ini menggunakan tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatifitas anak dalam membuat suatu karya meningkat setelah adanya tindakan melalui media origami. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase keterampilan motorik halus anak sebesar 39,47%. Pada Siklus I sebesar 50,86% dengan peningkatan 11,39%, Siklus II sebesar 60,33% dengan peningkatan 9,47%, dan pada Siklus III sebesar 78,94% dengan peningkatan 18,61%. Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak Kelompok B dengan kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%.








