MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO

Authors

  • Ismi Windayani Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • herlina Herlina Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Almira Dewi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Kemampuan Berbahasa, bermain, Main peran Makro

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro” yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa anak Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 15 anak diantaranya 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan dari Prasiklus, Siklus I dan Siklus II secara berturut-turut sebagai berikut terdapat 1 orang anak (6,67%) yang berhasil melakukan kegiatan main peran makro pada Prasiklus. Selanjutnya terdapat 6 orang anak (40%) yang berhasil melakukan kegiatan main peran makro pada Siklus I. Dan 14 orang anak (93,33%) yang berhasil melakukan kegiatan main peran makro pada siklus II.

Downloads

Published

2021-12-30