MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO
Keywords:
Kemampuan Berbahasa, bermain, Main peran MakroAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro” yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa anak Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 15 anak diantaranya 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan dari Prasiklus, Siklus I dan Siklus II secara berturut-turut sebagai berikut terdapat 1 orang anak (6,67%) yang berhasil melakukan kegiatan main peran makro pada Prasiklus. Selanjutnya terdapat 6 orang anak (40%) yang berhasil melakukan kegiatan main peran makro pada Siklus I. Dan 14 orang anak (93,33%) yang berhasil melakukan kegiatan main peran makro pada siklus II.








