KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU
Keywords:
kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, kepemimpinan transformasional kepala sekolah, mutu guruAbstract
Penulisan artikel bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai komunikator, konselor, dan konsultan dalam meningkatkan mutu profesional guru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi literatur terhadap 25 jurnal yang terbagi dari 15 jurnal internasional dan 10 jurnal nasional. Dari beberapa jurnal tersebut dapat diketahui bahwasanya : 1) Peran kepala sekolah sebagai komunikator dalam upaya melakukan penjaminan mutu adalah dengan memberi pengaruh terhadap bawahannya (orang tua peserta didik, guru, siswa, dan tenaga administrasi) untuk mencapai keinginan yang dicita-citakan, mengingat pentingnya meningkatkan kualitas peserta didik, oleh sebab itu kepemimpinan kepala sekolah lebih ditekankan dalam peningkatan mutu profesional pendidik serta mutu lulusan. 2) Peran kepala sekolah sebagai konselor dalam upaya meningkatkan profesional guru dengan pengguna jasa pendidikan meliputi perbaikan secara terus menerus, memiliki visi dan misi kedepan, berpusat pada kebutuhan siswa sehingga tidak hanya prestasi siswa saja yang meningkat melainkan juga meningkatkan mutu dan kualitas profesi guru itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dapat ditingkatkan. 3) Peran kepala sekolah sebagai konsultan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu profesional guru adalah mampu menciptakan perubahan yang mendasar bagi karyawan, guru dan siswanya yang dilandasi dengan nilai-nilai agama, sistem budaya untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas pengikutnya dalam mencapai visi misi sekolah
References
Danim. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan (visi dan strategi sukses era teknologi, situasi kritis, dan Internal Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.
Fatinam, 2016. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Penelitian Program Studi Magister Administrasi Pendidikan FKIP. Untan Pontianak .
Fadilla, A. & Arisudana, I. 2009. Kepemimpinan Transformasional, Kepercayaan dan Berbagi Pengetahuan Dalam Organisasi. Jurnal Psikologi. Vol.36, No.2. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Ilies, R., Nahrgang, J.D. & Morgeson, F.P. 2007. Leader Member Exchange and Citizenship Behavior: A Meta-Analysis. Journal of Applied Psycology. 92.
Junaidah. 2012. Kepemimpinan Transformasinal dalam pendidikan. Penelitian. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung.
Mahdinezhad. M. 2013. Transformational Transactional leadership Styles and Job Performance of academic Leaders. Journal International Education Studies. Vol. 6 No. 11.
Pribadi, S.C. 2014. Perbedaan Tingkat Profesinalisme Guru Dan Kualitas Proses Pembelajaran Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Sarjana Guru Yang Berbeda di SMK Program Studi Keahlian Teknik Elektronika dan Ketenagalistrikan di Kabupaten Karawang. Jurnal syiar nathiq. Karawang : Universitas Pendidikan Indonesia.
Saputra, R. 2018. Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan jumlah siswa/siswi di SMP Negeri 18 Kota jambi. Penelitian Prodi manajemen pendidikan Islam Universitas Thaha Saifuddin.
Saks, A.M. 2006. Employee Engagement: Antecendents and Consequences. Journal of Managerial Psychology. Vol. 21, No. 7. Pp. 600-619.
Sarros, J.C. 2002. The Leadership and its impact on Organizational Culture. International Journal of Business Studies. Vol. 10 No.2.
Xenikou, A. 2017. Transformation leadership: Transactional Contingent Reward, and oeganizational Identification the Mediating Effect of Perceived Inovation and Goal Culture Orientations. Fronties in Psycology.








