KEPEMIMPINAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI ERA PANDEMI STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH KUALA TUNGKAL TANJUNG JABUNG BARAT

Authors

  • Asropi Asropi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ayatullah Kumaini Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Anwar Musaddad Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Kepemimpinan Guru, Pembelajaran, E-Learning

Abstract

Guru merupakan sosok yang mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan anak sesuai dengan kemampuannya. Guru merupakan fasilitator dalam pembelajaran untuk menunjang perkembangan anak, apalagi pada masa pandemi covid -19 guru dituntut harus mampu menunjukkan kompetensi dalam membimbing anak. Pada masa pandemic ini sesuai dengan instruksi Mentri Pendidikan dan Kebudayaan sekolah harus mampu melakukan pembelajaran secara daring /online. Guru harus tetap melaksanakan tugasnya dalam mengajar dan mendidik anak meskipun tanpa harus bertatap muka langsung dengan peserta didik. Maka sangat diperlukan kepemimpinan guru dalam menunjang proses pembelajaran secara daring/online agar proses belajar anak tidak menjadi terbengkalai dan mereka tetap bisa belajar dengan senang tanpa ada rasa beban dalam proses belajarnya

References

Fatma, 2020. Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik. Jurnal didaktika Vol.9 no.1 februari 2020

Nasharuddin Baidan & Erwati Aziz. Etika islam dalam Berbisnis. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. 2014

Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. ( Jakarta. Kencana. 2016 )

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/05/02/kepemimpinan-guru-

teacherleadership/ http://www.kampus-info.com/2012/05/4-kompetensi-guru.html

Permendiknas Nomor 16 tahun 2007. Kompetensi Guru. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Downloads

Published

2021-12-30