PENGARUH PERAN KOMITE DAN KEPEMIMPINAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN KUALITAS PENDIDIKAN SEKOLAH

Authors

  • Darmaputra Darmaputra UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agussairi Agussairi Prodi Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Komite Sekolah dan Kepala Sekolah, Peningkatan kualitas mutu

Abstract

Pendidikan merupakan aspek yang tidak bisa terlepas dari semua sendi kehidupan manusia, naik Pendidikan dalam segi mikro maupun Pendidikan dalam segi makro, karena setiap individu manusia mengalami proses fenomena Pendidikan tersebut. Penelitian yang telah ditulis ini bertujuan untuk mempresentasikan bagaimana peranan penting antara komitee dan kepemimpinan sekolah dalam menajamin kualitas mutu Pendidikan yang berada di suatu sekolah. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah literatur review deskriptif dengan mangambil dan mengutif dari beberapa sumber penelitian jurnal lainnya, guna untuk membuktikan akan pengaruh dari kedua tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bhwa peranan antara komitee sekolah dan kepala atau kepemimpinan sekolah sangat berpengaruh penting dalam terlibat pengembangan dan penjaminan kualitas mutu Pendidikan yang baik dalam suatu sekolah. Semakin baik hubungan yang baik antara komitee dan kepala sekolah semakin baik lagi hubungan antara sekolah dan masyarkat. Guna terjaminnya kualitas mutu Pendidikan yang baik pada suatu sekolah peranan pendukung seperti sarana dan prasarana sekolah sangatlah berpengaruh terhapap kualitas mutu pembelajaran yang ada di sekolah. Dengan terjalinnya hubungan yang baik antara keduanya akan melahirkan kualitas murid yang berkualitas di masa yang akan datanng nanti.

References

Ahmad, S. (2016). Ketahan malangan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Konsep Dasar. Jakarta: Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah, Ditjen SLTP.

Depdiknas. (2007). Keputusan Mendiknas No. 044/U/2002 Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

Fattah, N. (2008). Landasan manajemen pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Cetakan ke- 7.

Hoy, W.K. & Miskel, C.G. (2008). Educational administration: Theory. Research, and practice. Singapore: Mc. Graw-Hill.

Khasanah, U., Kristiawan, M., & Tobari. (2019). The Implementation of Principals’ Academic Supervision In Improving Teachers’ Professionalism in the State Primary Schools. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8).

Lunenburg, F.C. & Ornstein, A.C. (2000). Educational administration: Concepts and practice. Belmont: Wadswort.

Permendikbud No. 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah.

Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of Headmaster’s Supervision and Achievement Motivation on Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(4).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang- Undang RI, No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wuradji. (2009). The educational leadership: Kepemimpinan transformasional. Yogyakarta: Gama Medi

Downloads

Published

2021-12-30