PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN UKT PADA BANK SYARIAH MANDIRI TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN STS JAMBI)

Penulis

  • Sellin Fidia Oktafiani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v2i1.842

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Analisis Regresi Berganda.

Abstrak

Kepuasan nasabah merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan. Kepuasan nasabah sangat mempengaruhi citra dimata masyarakat luas. Untuk mencapai kepuasan nasabah perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah. Kualitas pelayanan adalah sebuah bentuk pelayanan yang dilakukan secara konsisten oleh pelaku penyedia layanan jasa secara maksimal terhadap para nasabah, agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan nasabahnya. Seperti halnya BSM yang diberi amanah untuk menerima transaksi akademik termasuk pembayaran UKT mahasiswa UIN STS Jambi. Dalam kegiatan tersebut, BSM haruslah memberikan pelayanan serta menyediakan prasarana yang terbaik untuk nasabahnya. Kualitas pelayanan yang diberikan tentu akan mempengaruhi kepuasan yang dirasakan oleh nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan saat pembayaran UKT di BSM terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi. Adapun menggunakan lima dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hasil dari analisis uji-F terhadap seluruh variabel menunjukkan bahwa kelima dimensi secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI UIN STS Jambi. Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mampu menjelaskan kepuasan nasabah sebesar 74,1%. Adapun hasil analisis uji-t diperoleh bahwa masing-masing dari dimensi yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan mahasiswa FEBI UIN STS Jambi.

Referensi

(a) BUKU

Al-Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Andrianto dan M. Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktek). Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.

Arief, Mts. 2020. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan (Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan. Malang: Bayumedia Publishing.

Kasmir. 2005. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad. 2011. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2 ed. Bandung: ALFABETA.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (Untuk Menaikkan Pangsa Pasar). Jakarta: PT Rineka Cipta.

(b) JURNAL

Akmalia, Ikfi. 2012. "Analisis Kepuasan Nasabah Atas Dimensi Kualitas Pelayanan Bank Syariah Mandiri Malang.” Jurnal Manajemen Bisnis Volume 2 No. 1.

Damayanti, Cintya dan Wahyono. 2015. "Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.” Management Analysis Journal Vol 4 No. 3.

Fransiska, Soniya. 2019. "Pengaruh Kualitas Layanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Curup).” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Khaliq, Restu. 2019. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri di Banjarmasin Kalimantan Selatan.” Relevance Vol. 2, No.1(Journal of Management and Bussines).

Makahanap, Agus Shella. 2013. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Pada Pelayanan Customer Service BPD KALTIM Cabang Utama Samarinda.” EKONOMIA Vol 2 No. 1.

Nengsih, T. A., Bertrand, F., Maumy-Bertrand, M., & Meyer, N. (2019). Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set. Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, November.

Nengsih, T. A., Nofrianto, N., Rosmanidar, E., & Uriawan, W. (2021). Corporate Social Responsibility on Image and Trust of Bank Syariah Mandiri. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 13(1), 151–170.

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.

Rosmanidar, E., Ahsan, M., Al-Hadi, A. A., & Thi Minh Phuong, N. (2022). Is It Fair To Assess the Performance of Islamic Banks Based on the Conventional Bank Platform? ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 23(1), 1–21.

Sriwidodo, Untung, dan Rully Tri Indriastuti. 2010. "Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah.” Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 10, No. 2.

Usdeldi, U., Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2022). The Mediate Effect Of Sharia Compliance on The Performance of Islamic Banking in Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(1), 247–264.

Wahab, Wirdayani. 2017. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Di Kota Pekanbaru.” Vol 2, No. 1(Jurnal Kajian Ekonomi Islam).

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-29