PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DIBANK SYARIAH (Studi pada Masyarkat Desa Pagar Puding Kec. Tebo Ulu)

Authors

  • G.W.I. Awal Habibah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Afriani Nur Hasanah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v1i1.841

Keywords:

Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah, Minat Menabung (Pernah Menabung) dan (Tidak Pernah Menabung), Desa Pagar Puding Kecamatan Tebo Ulu.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah terhadap minat menabung dibank Syariah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pernah Menabung, Terdapat pengaruh signifikan pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah terhadap minat menabung dibank syariah. Hasil Koefisien Regresinya positif berarti arah hubungannya searah, besar pengaruhnya 12,8% dan sisanya 87,2% dipengaruhi variabel lain. (2) Tidak Pernah Menabung, Terdapat pengaruh signifikan pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah terhadap minat menabung dibank syariah. Hasil Koefisien Regresinya positif berarti arah hubungannya searah, besar pengaruhnya 56,6% dan sisanya 43,4% dipengaruhi variabel lain.

 

 

References

Buku

Agung, A. A. P., & Agung, A. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Universitas. Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: Dari teori ke praktik. Gema Insani.

Echdar, Saban. 2017. "Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis.” Bogor: Ghalia Indonesia

Karim, Adiwarman. 2004. "Bank Islam Analisa Fiqh dan Keuangan.” Jakarta, Raja Grafindo Persada

Sugiyono, Prof. 2015. "Metode penelitian kombinasi (mixed methods).” Bandung: Alfabeta

Wiratna, Sujarweni. 2015. "Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi.” PT Pustaka Baru, Cetakan pertama

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan, jakarta. Kencana Media Group.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: rineka cipta, 20. Sabri, M. A. (1996). Psikologi pendidikan: Berdasarkan kurikulum nasional. Pedoman Ilmu

Jaya.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran.

Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryani, S., & Hendriyadi, H. (2016). Metode riset kuantitatif: Teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam. Prenada Media.

Wilardjo, S. B. (2005). Pengertian, peranan dan perkembangan bank syari'ah Di Indonesia.

Value Added| Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).

Jurnal

Aurefanda, V. (2018). Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam) [PhD Thesis]. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kadafi, L., & Senggarang, J. P. (2013). Pengukuran Kinerja Keuangan Melalui Pendekatan Value For Money Pada Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang. Jurnal. Universitas Maitim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Oktaviani, N. (2018). PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Masyarakat di Blotongan Kota Salatiga) [PhD Thesis]. IAIN SALATIGA.

Nengsih, T. A., Bertrand, F., Maumy-Bertrand, M., & Meyer, N. (2019). Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set. Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, November.

Nengsih, T. A. (2021). Jambi Province Economic Growth using Principal Component Regression in Islamic Economic Perspective. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 36(01).

Nengsih, T. A., Nofrianto, N., Rosmanidar, E., & Uriawan, W. (2021). Corporate Social Responsibility on Image and Trust of Bank Syariah Mandiri. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 13(1), 151–170.

Pandang, A., Abimanyu, S., Mahmud, A., & Samad, S. (2018). Factors Affecting Competence of School Counselors in South Sulawesi. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol, 4(2).

Rakhmah, S. M., & Wahyuni, S. (2016). PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 10.

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.

Siswanti, I. (2015). Pengaruh Pengetahuan, Agama, Iklan/Informasi, dan Pengalaman Mahasiswapai STAIN Salatiga Tentang Sistem Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah [PhD Thesis]. IAIN Salatiga.

Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25.

Published

2021-09-18