PENGARUH FITUR LAYANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Pada Masyarakat Desa Rantau Rasau Kecamatan Berbak)

Authors

  • Badaruddin Badaruddin Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Risma Risma Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/margin.v1i1.838

Keywords:

Fitur, Kemudahan Layanan, Mobile Banking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fitur layanan dan kemudahan terhadap minat masyarakat menggunakan Mobile Banking pada masyarakat desa Rantau Rasau kecamatan Berbak. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner (angket), wawancara serta dokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yang diambil dari masyarakat desa Rantau Rasau kecamatan Berbak, baik yang menggunakan Mobile Banking maupun yang belum menggunakan Mobile Banking. teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial fitur layanan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggukan Mobile Banking, untuk fitur layanan nilai signifikan yang dihasilkan adalah 0,022 < 0,05, untuk kemudahan nilai signifikan yang dihasilan adalah 0,000 < 0,05. Dan secara simultan fitur layanan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan Mobile Banking dengan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 < 0,05.

References

Adi Prasetya Oktabriantono, "Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Keamanan, dan Persepsi Risiko Terhadap Penggunaan E-Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha” E-Journal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Vol: 8 No: 2 Tahun 2017

Arius Juliansya, "Pengaruh Teknologi Informasi Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking, (Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah 2018), hlm 58.

Ikatan Bankir Indonesia, Mengenal Operasional Perbankan 1 (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014)

Ledesman, Mario. "Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking” (Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2018), hlm 99

Nengsih, T. A., Bertrand, F., Maumy-Bertrand, M., & Meyer, N. (2019). Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set. Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, November.

Nengsih, T. A. (2021). Jambi Province Economic Growth using Principal Component Regression in Islamic Economic Perspective. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 36(01).

Nengsih, T. A., Nofrianto, N., Rosmanidar, E., & Uriawan, W. (2021). Corporate Social Responsibility on Image and Trust of Bank Syariah Mandiri. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 13(1), 151–170.

Otoritas Jasa Keuangan. "buku bijak ber-ebanking.,” 2015. https://www.ojk.go.id/Files/box/buku%20bijak%20ber-ebanking.pdf.

Risma Afifah, "pengaruh manfaat, kemudahan, kepercayaan dan ketersediaan fitur terhadap pengguna mobile banking bank syariah mandiri,” Jakarta :Skripsi, 2017, hlm 128.

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33.

Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25.

Published

2021-09-18