PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di JII Periode 2019-2023)
DOI:
https://doi.org/10.30631/pjxyeb85Keywords:
Corporate Social Responsibility, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kinerja KeuanganAbstract
Permasalahan dalam dunia bisnis saat ini tidak hanya terletak pada pencapaian keuntungan, namun juga pada rendahnya pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), penggunaan struktur modal yang kurang optimal, serta perbedaan skala perusahaan yang dapat memengaruhi kinerja keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), leverage, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2019–2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 22 perusahaan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi laporan tahunan dan dianalisis menggunakan software Eviews 10. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, regresi data panel, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengungkapan CSR dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan dalam memperhatikan aspek sosial, struktur keuangan, serta pertumbuhan perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangan secara berkelanjutan.
References
Agustia, Y. P., & Suryani, E. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Jurnal Aset (Akuntansi Riset), 10(1), 71–82.
Akuntansi, I. I. (2014). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azheri. (2012). Corporate Social Responsibility: Dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Basuki, A. T. & Prawoto, N. (2017). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. PT. Rajagrafindo Persada : Depok.
Brigham, E. F., & Houston, F. J. (2016). Manajemen Keuangan (8th ed.). Jakarta: Erlangga.
Fahmi, I. (2014). Etika Bisnis: Teori, Kasus, Dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2019). Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan EVIEWS 10 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Chariri, A. (2017). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdani. (2016). Good Corporate Governance. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hanafi, H. M., & Halim, A. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Hanafi, M. M., & Halim, A. (2016). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hartanto, M. C., & Susilowati, C. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan. Measurement Jurnal Akuntansi, 18(1), 164–176.
Hery. (2012). Akuntansi dan Rahasia di Baliknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.
Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan sub sektor kimia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(1), 1–8.
Horne, J. C. V., & Wachowicz, J. M. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (13th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE.
Jaya, S. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan (firm size) dan profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (firm value) pada perusahaan sub sektor property dan real estate di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 38–44.
Kasiram, M. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif (Cet II). Malang: UIN Maliki Press.
Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Krisdamayanti, D. C., & Retnani, E. D. (2020). Pengaruh CSR, ukuran perusahaan dan leverage terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(4).


