BAGAIMANA PENGARUH PENINGKATAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI

Penulis

  • Muhktar Safaat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Usdeldi Usdeldi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muthmainnah Muthmainnah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurfitri Martaliah Nurfitri Martaliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/2r55zg91

Kata Kunci:

Profitability, Leverage, Islamic Social Responsibility (ISR), Indonesian Sharia Stock Index (ISSI)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Islamic Social Responsibility (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) selama periode 2019 hingga 2022. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Return on Assets (ROA) sebagai indikator Profitabilitas dan Debt to Asset Ratio (DAR) sebagai indikator Leverage. Hasil regresi menunjukkan bahwa baik ROA maupun DAR memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap ISR, dengan p-value yang lebih kecil dari 0.05. Hal ini mengindikasikan bahwa perubahan dalam Profitabilitas dan Leverage secara langsung memengaruhi kinerja tanggung jawab sosial perusahaan selama periode tersebut. Selain itu, analisis model regresi menunjukkan bahwa secara simultan, kedua variabel independen tersebut juga memiliki pengaruh signifikan terhadap ISR, dengan p-value yang rendah. Penelitian ini memberikan implikasi bagi manajemen perusahaan untuk mempertimbangkan faktor non-keuangan dalam penerapan ISR dan menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk menggali variabel lain yang dapat mempengaruhi tanggung jawab sosial perusahaan.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik , Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Darmawan, M. Dasar-Dasar Memahami Rasio dan Laporan Keuangan.

Yogyakarta: UNY Press, 2020.

Hidayat, Wastam Wahyu. Dasar-Dasar Analisa Laporan Keuangan. Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

Ikatan Akuntan Indonesia. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia, 2009.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo, 2018.

Muhammad. Metode Penelititian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif , Jakarta: Rajawali Press, 2008.

Munawir, S. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty, 2010.

Sanusi, Anwar. Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2011. Tanggung Jawab Social Perusahaan Berbasis Syariah, Jakarta: Kencana, 2021),

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2019.

Wati, Lela Nurlaela. Model Corporate Social Responsibility (CSR). Ponorogo: Myria Publisher, 2019.

Yusuf, Muhammad Yasir. Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) Pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS): Teori Dan Praktik . Depok: Kencana, 2017.

Hannifa, Ros. ―Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Research, Vol. 1, No.2, 2002.

Liwe, Alther Gabriel, Hendrik Manossoh, and Lidia M. Mawikere. ―Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).‖ Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 13, No. 02, 2018.

Manurung, Wilda Mei Rina. ―Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).‖ Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2020.

Merina, Citra Indah dan Verawaty. ―Pengungkapan Indeks Islamic Social Reporting Perusahaan Go Publik Yang Listing Di Jakarta Islamic Index,‖ Jurnal Ilmiah MBiA, Vol.15, No.1, 2016.

Othman, Rohana, Azlan Md Thani, and Erlane K. Ghani. ―Determinants of

Islamic Social Reporting among Top Shariah-Approved Companies in, 2020.

Wijayanto, RendBursa Malaysia.‖ Journal Research of International Studies, Vol. 12, No. 12, 2009.

Rahmawati, Ulfah, dan Diana Supriyati. ―Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)(Studi Empiris Pada Bank Umum Syari’ah Yang Ada Di Indonesia Periode (2015- 2018).‖ 2020.

Rozzi, Muhammad Fathur, dan Qi Mangku Bahjatu lah. ―Analisis Determinan Pelaporan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2015-2019.‖ MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, Vol. 4, No. 2, 2020.

Ulfah, Taria. ―Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (Isr) Pada Perusahaan Yang Masuk Dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018-2019,‖ e- Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 1, No.1, 2020.

Hadi, Rizki, dan Siti Nurani. "Pengaruh Struktur Modal Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia." Jurnal Manajemen Bisnis, 2020.

Nurhayati, Euis, dan Anna Fauziah. "Hubungan Antara Kinerja Keuangan dan ISR pada Perusahaan yang Terdaftar di ISSI." Jurnal Ekonomi Islam, 2019.

Sari, Rini, dan Febri Widyanti. "Analisis Pengaruh Debt to Asset Ratio terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan di BEI." Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2019.

Setiawan, Wahyu, et al. "Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility dalam Konteks Indeks Saham Syariah Indonesia." Jurnal Akuntansi Syariah i, dan Hafid Fitri. "Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Corporate Social Responsibility Berdasarkan Indikator Islamic Social Reporting (ISR) di Perusahaan ISSI." Jurnal Ekonomi Syariah, 202

Diterbitkan

2025-12-10