Pengaruh ICSRD Terhadap Kinerja Keuangan dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Intervening

Penulis

  • Marwa Abd Aziz Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Beid Fitrianova Andriani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Achyat Budianto UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Kata Kunci:

Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure, Return on Asset (ROA), corporate reputation, Jakarta Islamic Indeks

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap kinerja ekonomi dengan reputasi perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan yang terdaftar di JII tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai variabel independen, kinerja keuangan perusahaan sebagai variabel dependen dan reputasi perusahaan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan cara mengumpulkan data sekunder berupa laporan tahunan yang terdaftar di JII. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure (ICSRD) berpengaruh tidak langsung terhadap Return on Asset (ROA) dengan reputasi perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan yang terdaftar di JII pada tahun 2017 sampai 2019.

Referensi

As'ad, Putra, D. I. A., & Arfan. (2021). Being al-wasatiyah agents: The role of azharite organization in the moderation of Indonesian religious constellation. Journal of Islamic Thought and Civilization, 11(2), 124–145. https://doi.org/10.32350/jitc.11.2.07

Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values And Organizational Behavior. The Pacific Sociological Review, 18(1), 122–136.

Freeman, R. E., Wicks, A. C., & Parmar, B. (2004). Stakeholder Theory And "The Corporate Objective Revisited.” Organization Science, 6.

Jensen, C., & Meckling, H. (N.D.). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure. 56.

Khairiyani, K., & Mubyarto, N. (2019). Does Islamic Corporate Social Responsibility Improve Financial Performance? Maqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(2), 205–214.

Nengsih, T. A. (2021). Jambi Province Economic Growth using Principal Component Regression in Islamic Economic Perspective. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 36(01). https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/Kontekstualita%0A

Nengsih, T. A., Nofrianto, N., Rosmanidar, E., & Uriawan, W. (2021). Corporate Social Responsibility on Image and Trust of Bank Syariah Mandiri. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 13(1), 151–170. https://doi.org/10.15408/aiq.v13i1.18347

Putra, A. S. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 4(2).

Rosmanidar, E., Hadi, A. A. Al, & Ahsan, M. (2021). Islamic Banking Performance Measurement: a Conceptual Review of Two Decades. International Journal of Islamic Banking and Finance Research, 5(1), 16–33. https://doi.org/10.46281/ijibfr.v5i1.1056

Sari, W. A., Handayani, S. R., & Nuzula, N. F. (N.D.). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan. 39(02), 10.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian. Pustakabarupress.

Usdeldi, Nasir, M. R., & Ahsan, M. (2021). Meta Synthesis of GCG, SSB, and CSR On Islamic banking, performance and financial innovations. Iqtishadia, 14(1), 1–25. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ejlQBwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7&dq=islamic+economics&ots=3S7cdvFBox&sig=FmbOIiOg3DIqJettaNLcung_d2U

Diterbitkan

2022-04-14