Pengaruh Kepercayaan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Jemaah Umroh Pada PT. Al Shafwah Wisata Mandiri

Authors

  • Dika Ayu Gustari UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittingi
  • Dewi Manda Angraini UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittingi

DOI:

https://doi.org/10.30631/jisacc.v4i1.2299

Keywords:

Trust, Facilities, Congregation Pilgrims

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menakar bagaimana kepercayaan dan fasilitas mempengaruhi kepuasan jamaah pada Smarts Umrah Cabang Agam. Belakangan ini banyak ditemui kasus penipuan pada bisnis travel umrah sehingga membuat masyarakat masih ragu dan kurang percaya dengan travel umrah yang lain terjadinya fluktuasi jumlah jamaah dan kurangnya SDM. Metode pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Besar sampelnya sebanyak 73 orang. Sehingga hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel kepercayaan memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap kepuasan jamaah. Variabel fasilitas secara parsial berpengaruh positif  terhadap kepuasan jamaah sedangkan (uji F) variabel kepercayaan dan fasilitas memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan jamaah. Selain itu hasil dari uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R2 0,770 yang artinya besar pengaruh dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah 77% pada Smarts Umrah Cabang Agam.

References

Abdullah, Ma’ruf. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Banjarmasin, Aswaja Pressindo.

Asad, A. (2021). From Bureaucratic-Centralism Management to School Based Management: Managing Human Resources in the Management of Education Program. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 5(1), 201–225. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12947

Fadhli, Khotim, and Nia Dwi Pratiwi. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian 2 (2): 603–12

Hardi, E. A., Masnidar, M., & Anita, E. (2022). Philanthropy and Sustainable Compassion: An Evidence of Charity Activism in Alumni Association of Islamic Boarding School. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15(2), 337–360. https://doi.org/10.18326/infsl3.v15i2.337-360

Huda, Nurul, Khamim Hudori, Rizal Fahlevi, Dea Mazaya, and Dian Sugiarti. (2017). Pemasaran Syariah: Terori & Aplikasi. Kencana

Inâ, Muhammadl, and Endang Setyowati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. JHP17: Jurnal Hasil Penelitian 3 (01)

Indrawan, B., Susanti, E., Utami, W., Deliza, D., Tanti, T., & Ferawati, R. (2022). Covid-19 and Sustainable Economic: How Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sharing and Empowering Society. https://doi.org/10.4108/eai.20-10-2021.2316372

Inkiriwang, Melisa Virjinia, Imelda Wellin Juliana Ogi, and Djemly Woran. (2022). “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Pinky Kitty Shop Tondano.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 10 (3): 587–96.

Jaya, Gede Widyastana, and Ni Nyoman Yulianthini. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tri Jay’s Salon Dan Spa Di Singaraja.†Bisma: Jurnal Manajemen 8 (2): 462–69.

Kamila, Nisrina, and Aditya Wardhana. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Setelah Layanan Haji Dan Umrah Di Buka Kembali Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya).†Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17 (1): 548–65.

Karim, Ruslin, Tineke Wolok, and Djoko Lesmana Radji. (2020). “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo.†JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 3 (2): 88–99.

Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron, and Taofan Ali Achmadi. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Marsono, Adi, Moh Saiful Musthofa, and Anggi Pransiska Dewi. (2021). “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di UD. Ardian Kabupaten Nganjuk).†Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah 8 (2): 114–20.

Nengsih, T. A. (2021). Jambi Province Economic Growth using Principal Component Regression in Islamic Economic Perspective. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 36(01). https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/Kontekstualita%0A

Medias, Fahmi. (2018). Ekonomi Mikro Islam: Islamic Microeconomics. Unimma Press.

Putra, D. . A., & Addiarrahman, A. (2023). Quranic Exegesis Journalism in Islamic Magazines in Indonesia Between 1970-1980. Journal of Indonesian Islam, 17(2), 483. https://doi.org/10.15642/jiis.2023.17.2.483-509

Ramdaniah, Siti, Sri Mintarti, and Maryam Nadir. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Serta Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Jamaah Umroh PT. Arrehlah Wisata Samarinda).†Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM) 1 (3): 161–76.

Safitri, Diana. (2022). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh.†Multazam: Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah 1 (2): 80–89.

Siregar, Akhmad Irwansyah, and Riko Mappadeceng. (2020). “Pengaruh Kepercayaan, Harga Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Jemaah Pada Biro Perjalanan Haji Dan Umrah Kota Jambi.†Ekonomis: Journal of Economics and Business 4 (2): 249–56.

Sofyan, Indra Lutfi, Ari Pradhanawati, and Hari Susanta Nugraha. (2013). “Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Star Clean Car Wash Semarang.†Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 2 (2).

Sumadi, Sumadi, Muhammad Tho’in, Tino Feri Efendi, and Diyah Permatasari. (2021). “Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store).†Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7 (2): 1117–27.

Syafiq, Ahmad. (2019). “Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pandangan Islam.†El-Faqih: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam 5 (1): 96–113.

Syaoki, Muhammad. (2023). “Manajemen Strategis Travel Haji Dan Umrah Di Mataram (Studi Komparasi: Manajemen Oprasional, Pelayanan Dan Pemasaran).†Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan 5 (1): 129–50.

Unaradjan, Dominikus Dolet. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Zamzam, Nurali Agus Najibul, and Udik Jatmiko. (2019). “Persepsi Jamaah Mengenai Fasilitas Dan Biaya Dalam Memilih Jasa Umroh.†Jurnal Ilmu Manajemen Advantage 3 (2): 68–75.

Published

2024-06-18