MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-MAHIR KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/ntg1j670Kata Kunci:
Role playing center model, children's social abilitiesAbstrak
Tulisan ini akan membahas tentang model pembelajaran anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak melalui meda pembelajaran sentra bermain peran. Pokok pertanyaan dalam tulisan ini adalah "Bagaimana mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini?” Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil dari tulisan ini menemukan bahwa Pelaksanaan model pembelajaran sentra bermain peran di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Mahir adalah pada proses pelaksanaan pembelajaran melaksanakan apa yang telah direncanakan oleh guru dalam rancangan program dan mendesain lingkungan belajar sebagaimana yang telah ditetapkan dalam model pembelajaran sentra bermain peran akan tetapi belum maksimal dalam penerapannya. Kemampuan sosial anak di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Mahir sudah berkembang sesuai Tingkat Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Namun masih ada beberapa anak yang kemampuan sosialnnya belum berkembang secara baik.



