Uncovering Moral Education as A Subject of Primary School in Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30631/9pkt0g14الكلمات المفتاحية:
moral education، primary schoolالملخص
Pandangan akidah akhlak dalam lingkup MI yakni suatu yang harus ada dan penting sekali
untuk disampaikan atau ditanamkan kepada peserta didik. Kemudian, bisa menjadi bekal untuk
seluruhnya, bekal disini tidak hanya untuk dunia saja, melainkan bekal yang akan dibawa di
akhirat. Hal pertama yang harus ditanamkan adalah akidah lalu akhlah juga harus terus
ditempa supaya menjadi insan yang berakhlakul karimah. Penelitian ini mencakup empat
sekolah dasar berbeda yang ada di provinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penanaman nilai-nilai moral sudah diajarkan kepada siswa, untuk berprilaku baik di dalam
maupun diluar kelas, namun terkadang kenakalan-kenakalan biasa seperti berkelahi,
mengganggu teman, dan sifat jahil lainnya masih kerap terjadi. Hal tersebut masih diwajarkan
karena anak-anak banyak mempunyai sifat yang berbeda. Karena hal tersebut setiap kenakalan
yang dilakukan oleh siswa, gurulah yang akan menegur, membimbing, dan mendidik siswa
tersebut agar lebih baik lagi.



