KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/dd8mza45Kata Kunci:
Kompetensi Pedagogik, Guru, Motivasi Belajar, SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru, mengetahui apa saja peran dan fungsi kompetensi pedagogik guru dan mengetahui kompetensi pedagogik guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Field Research. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru memiliki peran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yang terdiri dari empat aspek kompetensi pedagogik guru yaitu pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan, pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi sudah dianggap baik. Hal ini terlihat dari peningkatan semangat belajar siswa sehingga hasil yang diharapkan tercapai dengan baik, maka guru sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi menyadari bahwa peningkatan ini dikarenakan kompetensi pedagogik terlaksana dengan efektif.



