Perbedaan Rasio Profitabilitas dan Risk Profile Bank Konvensinal dan Bank Syariah

Authors

  • Laula Dwi Marthika Universitas Muara Bungo
  • Gita Suliska Universitas Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i2.597

Keywords:

Bank, Profitabiltias, Risk Profile

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan rasio Profitabilitas dan Risk Profile dari Bank Umum ynag memiliki cabang Bank Syariah dan terdaftar di Bursa efek Indonesia. Tahun pengamatan penelitian ini adalah 2014 sampai 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, tidak ada perbedaan yang signifikan antara rasio profitabilitas maupun rasio risk profile antara PT Bank Rakyat  Indonesia  Tbk dan PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah. Rasio profitabilitas BOPO, NIM, ROE, ROA tidak ada perbedaan namun dari segi profitabilitas Bank Rakyat Indonesia lebih baik dari Bank Rakyat Indonesia Syariah. Rasio Risk Profile dari segi rasio NPL dan LDR juga lebih baik Bank Rakyat Indonesia daripada Bank Rakyat Indonesia Syariah. Hasil penelitian, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara rasio profitabilitas BOPO dan ROA pada Bank Tabungan Negara dan Bank BTPN Syariah, Sedangkan Rasio NIM dan ROE tidak ada perbedaan. Sedangkan rasio risk profile baik rasio NPL dan rasio LDR sama sama memiliki perbedaan secara signifikan. Untuk rasio profitabilitas BOPO dan NIM Bank Tabungan Negara secara rata-rata lebih baik dari Bank BTPN Syariah, sedangkan secara ROE dan ROA, Bank BTPN Syariah lebih baik daripada Bank Tabungan Negara. Untuk rasio risk profile, yaitu rasio NPL dan Rasio LDR secara rata-rata Bank BTPN Syariah Lebih baik dar Bank Tabungan Negara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, H. M. (2006). Manajemen Risiko: Strategi Perbankan dan Dunia Usaha Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: Dari Teori Praktik ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Arafat, M. Y., Buchdadi, A. D., & Suherman. (2011). Analysis of Bank's Performance and Efficiency in Indonesia. Diambil kembali dari Social Science Research Network: http://ssrn.com/abstract=1805529
Bank Indonesia. (2012). Kodifikasi Peraturan Bank Indonesia: Kelembagaan Penilaian Tingkat Kesehatan Bank. Jakarta: Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral.
Fahmi, I. (2014). Pengantar Perbankan: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Menggunakan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Haryati, S., & Kristijadi, E. (2014). The Effect of GCG Implementation and Risk Profile on Financial Performance at Go Public National Commercial Banks. Journal of Indonesian Economy and Business , 29, 237-250.
IBI. (2016). Manajemen Kesehatan Bank Berbasis Risiko. Jakarta Pusat: Gramedia Pustaka Utama.
Majid, S., Musnadi, I., & Putra, Y. (2014). A Comparative Analysis of the Quality of Islamic and Conventional Banks' Asset Management in Indonesia. Gajah Mada International Journal of Business , 185-200.
Marlina, R. (2016). Analysis of Financial Performance Differences Bank in Indonesia Based on BUKU. Academy of Strategic Management Journal , 15, 176-187.
Martono. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Yogyakarta: Ekonisia FE UII.
Muhamad. (2005). Bank Syariah: Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muhamad. (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Parathon, A. A., Dzulkirom, D., & Farah. (2014). Analisis Rasio Keuangan Perbankan Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan bank. 1(1), 1-11.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-12-28