ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DOSEN TERHADAP BARANG KONSUMSI DI BULAN RAMADHAN
DOI:
https://doi.org/10.30631/iltizam.v3i1.543Keywords:
Harga, Pendapatan, Selera dan Kebiasaan Iklan, dan Permintaan KonsumsiAbstract
Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi permintaan dosen terhadap barang konsumsi di bulan Ramadhan (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Kajian utama dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat permintaan barang konsumsi dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada saat bulan Ramadhan. 2) Faktor yang mempengaruhi dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melakukan permintaan barang konsumsi pada saat bulan Ramadhan. Hasil penelitian terdapat beberapa temuan antara lain 1) Permintaan dosen PNS, Kontrak dan DLB berstatus sudah berkeluarga mengalami peningkatan pada saat bulan Ramadhan, Sedangkan dosen Kontrak dan DLB yang belum mempunyai tanggungan keluarga pada saat bulan Ramadhan tidak mengalami peningkatan permintaan barang konsumsi. Hasil uji statistik faktor yang mempengaruhi permintaan barang konsumsi dosen pada saat bulan Ramadhan menghasilkan R2 sebesar 57,1% variasi variabel Y di dijelaskan oleh variabel independent, uji parsial X1 harga barang tidak berpengaruh terhadap permintaan barang konsumsi pada saat bulan Ramadhan, sedangkan variabel X2 Tingkat Pendapatan, X3 Selera dan Kebiasaan, X4 Iklan Produk berpengaruh terhadap permintaan konsumsi pada saat bulan Ramadhan, kemudian secara simultan variabel Independent berpengaruh terhadap variabel dependent.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







