Analisis Efektivitas Program Magang Mahasiswa: Studi Kasus di UPT Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Authors

  • Libra Khusyaini

Keywords:

pustakawan, magang

Abstract

Program magang merupakan komponen krusial dalam pendidikan tinggi, terutama dalam
kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang bertujuan
menjembatani teori akademis dengan praktik profesional. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis efektivitas program magang mahasiswa yang berlangsung selama dua
bulan (Februari-Juni 2025) di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas
Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Dengan menggunakan pendekatan
kualitatif, penelitian ini menggali secara mendalam pengalaman mahasiswa magang dan
persepsi para pustakawan pembimbing. Pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi berupa
laporan kegiatan harian mahasiswa. Analisis data tematik menunjukkan bahwa program
magang efektif dalam beberapa aspek utama: (1) pengembangan kompetensi teknis
dasar di bidang layanan sirkulasi, penataan koleksi (shelving), dan administrasi
perpustakaan; (2) peningkatan keterampilan lunak (soft skills) seperti komunikasi, kerja
sama tim, dan adaptasi di lingkungan kerja; (3) kontribusi nyata dalam membantu tugas
operasional harian pustakawan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa
tantangan, antara lain durasi magang yang singkat (2 bulan dengan 4 jam kerja per hari)
yang membatasi keterlibatan mahasiswa dalam proyek-proyek yang lebih kompleks dan
perlunya pembekalan awal yang lebih terstruktur. Penelitian ini merekomendasikan
adanya modul orientasi yang komprehensif dan penugasan proyek mini yang spesifik
untuk mengoptimalkan pengalaman dan kontribusi mahasiswa magang di masa depan.

Published

2025-12-10