Komunikasi Nonverbal: Pendekatan dalam Menginternalisasi Nilai Agama pada Anak Tunawicara

Authors

  • Lilis Setyowati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Edy Kusnadi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agus Salim UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Efektivitas, Komunikasi, Nonverbal, Nilai, Agama, Tunawicara

Abstract

Peneltian ini dilatarbelakangi oleh realitas yang terjadi dalam ruang lingkup anak penyandang tunawicara yang menggunakan bahasa isyarat atau bahasa nonverbal di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Muaro Jambi Desa Bukit Baling. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana keefektifan komunikasi nonverbal dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap anak tunawicara khususnya dibidang keagamaan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif eksplonatorif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi dengan menerapkan teknik analisis. Hasilnya penulis menemukan bahwa proses keefektifan komunikasi nonverbal dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dengan menggunakan bahasa isyarat, lambang, kode, bahkan juga bisa menggunakan buku isyarat (SIBI). Wujud nyata dari efektifnya komunikasi nonverbal yang dilakukan pembina terhadap anak tunawicara timbulnya pengaruh (feed back) yang baik terhadap anak tunawicara dengan cara meniru pembina apa yang telah diintuksikan. Akhirnya penulis merekomendasikan kepada penyandang tunawicara agar dapat menggunakan bahasa isyarat yang baik agar mudah dimengerti oleh lawan bicaranya, dan bagi orang yang normal disarankan untuk membantu dengan menggunakan bahasa yang baik dan isyarat yang benar agar mempermudah penyandang tunawicara memahaminya sehingga keduanya bisa menjalin kmunikasi secara efektif. Perlu diketahui juga bagi orang normal jangan pernah saling mengejek dan mencemooh. Kalau bisa menghargai satu sama lain.

TBY

Downloads

Published

2022-12-10

Issue

Section

Articles